• Card 1 of 30
Nasional

Novanto Bersikeras Ganjar Terima Fulus KTP-el

Faisal Abdalla    •    08 Februari 2018 16:02

Terdakwa kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto/MI/Rommy Pujianto Terdakwa kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto/MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Terdakwa kasus korupsi KTP berbasis elektronik (KTP-el) Setya Novanto bersikeras Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima uang haram dari proyek bernilai Rp5,9 triliun tersebut.

"Yang pertama ini pernah almarhumah Mustoko Weni dan Ignatius Mulyono itu pada saat ketemu saya menyampaikan telah memberikan dana dari Andi (Narogong) untuk dibagi-bagikan ke Komisi II dan Banggar DPR. Itu background-nya dari Pak Mustoko Weni dan disebut namanya pak Ganjar," kata Novanto saat menanggapi kesaksian Ganjar di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Februari 2018.

Novanto juga mengaku mendengar informasi yang sama dari politikus Hanura Miryam S. Haryani. Ia bahkan menyebut Andi Narogong mengaku telah memberikan sejumlah uang kepada anggota Komisi II DPR RI, termasuk Ganjar, pada saat itu.

"Waktu Andi ke rumah saya itu menyampaikan telah memberikan bantuan dana untuk teman-teman ke Komisi II dan Banggar. Untuk Pak Ganjar sekitar September (dengan jumlah) USD500 ribu. Itu yang disampaikan kepada saya," beber bekas Ketua DPR itu.

Pernyataan Novanto langsung dibantah Ganjar yang hadir sebagai saksi. Ganjar memang mengakui sempat ditawarkan sejumlah uang, namun ia menolaknya.

"Saya harus klarifikasi karena ini sudah di ujung dan perlu untuk komunikasi ke publik. (Alm) Bu Mustoko Weni memang pernah menjanjikan kepada saya mau memberikan (uang) langsung dan saya tolak. Publik mesti tau sikap menolak saya. Bu Yani (Miryam) pun membantah memberikan kepada saya di depan Pak Novel (Baswedan)," ujar Ganjar.

Ganjar juga menyoroti nota pembelaan Andi Narogong yang membantah memberikan sejumlah uang kepada Ganjar.

"Saya memang enggak terima (uang). Kemudian di persidangan dibuktikan, itu disiarkan di televisi dan Andi Narogong mengatakan, padahal menyebut nama saya langsung, 'saya enggak pernah memberikan uang ke Ganjar," ucap dia.