• Card 1 of 30
Nasional

Ganjar Bantah Janjian dengan Novanto di Bali

Faisal Abdalla    •    08 Februari 2018 16:00

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat di persidangan Tipikor. FotoMI Ramdani Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat di persidangan Tipikor. FotoMI Ramdani

Jakarta: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membantah dirinya sengaja bertemu dengan Setya Novanto di Bali untuk membahas proyek KTP berbasis elektronik (KTP-el). Pertemuan keduanya di Bali hanya kebetulan.
 
Hal itu diungkapkan Ganjar saat bersaksi dalam persidangan kasus korupsi KTP-el dengan terdakwa Setya Novanto.
 
Dalam persidangan, hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) bertanya pada Ganjar perihal pertemuannya dengam Novanto di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.
 
"Saksi pernah bertemu dengan terdakwa di Bali? Itu kebetulan?" tanya hakim di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Februari 2018.
 
Ganjar menjawab, pertemuannya dengan Novanto merupakan suatu kebetulan. Hakim kemudian menggali lebih dalam apakah dalam pertemuan itu, Novanto sempat menyinggung proyek KTP-el.

Baca: Tak Ada Bukti Keterlibatan Ganjar di Korupsi KTP-el
 
"Saya ingat-ingat, 'waktu itu jangan galak-galak ya'. Beliau (Novanto) katakan (urusan KTP-el) sudah selesai, jangan galak-galak. Itu saja yang saya ingat," kata Ganjar.
 
Dalam dakwaan Setya Novanto, nama Ganjar sempat disebut bertemu dengan Novanto di Bali pada 2011. Dalam dakwaan tersebut, Ganjar juga disebut menolak godaan Novanto.
 
Ketika proyek KTP-el bergulir, Ganjar Pranowo merupakan wakil ketua Komisi II DPR RI. Dalam dakwaan Irman dan Sugiharto, nama Ganjar, bersama Olly Dodokambey, dan Yasonna Laoly disebut-sebut sebagai pihak yang diduga turut kecipratan fulus proyek KTP-el.
 
Namun terdakwa KTP-el lainnya, Andi Narogong yang disebut-sebut sebagai pihak yang memberi uang membantah memberikan kepada Ganjar. Bantahan tersebut disampaikan Andi dalam nota pembelaannya beberapa waktu lalu.
 
"Saya memang enggak terima (uang). Kemudian di persidangan dibuktikan, itu disiarkan di televisi dan Andi Narogong mengatakan, padahal menyebut nama saya langsung 'saya enggak pernah memberikan uang ke Ganjar," tegas Ganjar.