• Card 1 of 30
Bola

Tak Kuasa Menahan Kanker, Legenda Timnas Inggris Tutup Usia

Patrick Pinaria    •    22 Januari 2018 22:16

Jimmy Armfield (Foto: Daily Express) Jimmy Armfield (Foto: Daily Express)

Denton: Mantan kiper timnas Inggris Jimmy Armfield meninggal dunia. Ia harus menghembuskan napas terakhirnya di usia 82 usai mengidap penyakit kanker.

Kabar duka tersebut dikonfirmasi Blackpool FC yang merupakan mantan klubnya yang dibelanya selama menjadi pemain dan juga petinggi klub tersebut, dalam situs resmi mereka pada Senin 22 Januari. 

"Blackpool FC sangat sedih mengetahui meninggalnya pemegang rekor dan Wakil Presiden Jimmy Armfield pada usiua 82 tahun," tulis pernyataan situs resmi Blackpool.

Baca: Martapura FC Menyerah dari Barito Putera

Kabar Armfield meninggal dunia tentu sangat menyedihkan bagi publik Inggris. Salah satunya dirasakan oleh mantan rekan setim Armfield di timnas Inggris, Gary Lineker.

"Sedih mendengar Jimmy Armfield meninggal dunia. Pesepak luar biasa dan kapten Inggris yang menjadi penyiar pertandingan yang hebat. Hal terpenting, ia adalah orang yang menyenangkan. Ia akan sangat dirindukan," ujar Lineker.

Armfield merupakan legenda sepak bola Inggris pada era 1950 hingga 1960-an. Namun, selama menjadi pemain, ia hanya menghabiskan seluruh kariernya di Blackpool. Total, ia sudah mengoleksi 627 penampilan di seluruh kompetisi dalam waktu 17 tahun. 

Baca: Kiper Incaran Madrid Tetap di Bilbao Hingga 2025

Selain itu, Armfield membuat membuat 43 penampilan bersama timnas Inggris. Hanya saja, ia tidak bisa menikmati kebersamaan dengan timnas Inggris ketika menjuarai Piala Dunia 1966. Sebab, ia harus absen karena mengalami cedera.

Usai pensiun sebagai pemain, Armfield mencoba melanjutkan karier sebagai pelatih pada era 1970-an. Selama periode itu, ia pernah melatih Bolton Wanderers dan Leeds United.

Hebatnya, ia juga sukses membawa Bolton meraih gelar Divisi Ketiga Liga Inggris pada 1972--1973 dan membawa Leeds menjadi runner-up Piala European atau dikenal sebagai Liga Europa saat ini pada 1974--1975. (Soccerway)


Video: Bali United Bertolak ke Thailand untuk Hadapi Chiangrai United