• Card 9 of 15
Jawa Tengah

BPCB Yogyakarta Temukan Arca Nandi Berbentuk Sapi

Ahmad Mustaqim    •    24 Juni 2015 16:24

Temuan Arca Nandi di Candi Kedulan, Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim Temuan Arca Nandi di Candi Kedulan, Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

medcom.id, Yogyakarta: Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta menemukan sebuah Arca Nandi atau arca berbentuk patung sapi di kompleks Candi Kedulan, di Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Arca yang ditemukan dalam keadaan tak utuh tersebut ditemukan tim BPCB pada Jumat (19/6/2015).

Pihak PBCB menduga arca tersebut berasal dari peradaban 1200 tahun silam. "(Arca) Nandi sangat kita nantikan. Temuan ini melengkapi temuan arca sebelumnya," kata Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfataan, Wahyu Astuti ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2015).

Adapun arca Nandi tersebut memiliki panjang 146 sentimeter, lebar 76 sentimeter, dan tinggi 60 sentimeter. Arca itu ditemukan di kedalaman enam meter di bekas sebuah bendungan.

Candi Kedulan yang merupakan candi dari peradaban Hindu, katanya, telah mulai memiliki kelengkapan arca. Selain arca Nandi, arca yang telah ditemukan di antaranya arca Durga, Mahakala, Agastya, dan Ganesha.

Terhitung sejak 1993 hingga 2015 atau 22 tahun, BPCB Yogyakarta terus melakukan penelitian temuan di candi tersebut. Saat ini, pihak BPCB mulai merangkai batu candi di samping lokasi penemuan. Jika nanti selesai akan kembali ditata di atas lahan lokasi penemuan.