• Card 8 of 15
Jawa Tengah

Temuan Arca Nandi Diduga Tanda Kendaraan Dewa Siwa

Ahmad Mustaqim    •    24 Juni 2015 16:39

Temuan Arca Nandi di Candi Kedulan, Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim Temuan Arca Nandi di Candi Kedulan, Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

medcom.id, Yogyakarta: Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta menemukan sebuah arca berbentuk patung sapi di kompleks Candi Kedulan, Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Arca yang ditemukan tim BPCB pada Jumat (19/6/2015) lalu itu merupakan arca Nandi.

Pihak PBCB menduga arca Nandi melambangkan kendaraan yang digunakan Dewa Siwa dan ada sejak 1200 tahun silam. Terlebih Candi Kedulan merupakan candi paradaban Hindu.

"Pernah ada cerita dari penduduk setempat, dahulu pernah ada sapi gak mau lewat situ. Nandi itu kendaraan (Dewa) Siwa," ucap Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfataan, Wahyu Astuti ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/6/2015).

Arca berukuran panjang 146 sentimeter, lebar 76 sentimeter, dan tingginya 60 sentimeter itu, ditemukan di kedalaman enam meter di bekas sebuah bendungan.

Pihak BPCB Yogyakarta masih mengkaji pelestarian di sekitar Candi Kedulan. Dugaan BPCB kian kuat lantaran lokasi penemuan arca Nandi berdekatan dengan sebuah desa bernama Segaran atau 'bendungan yang memiliki banyak air'. Artinya, kata dia, menunjukkan kemakmuran.

Candi Kedulan merupakan candi yang telah dilestarikan sejak ditemukan pada 1993. Hingga 2015 ini, BPCB Yogyakarta masih menata sejumlah temuan batu candi di samping lokasi penemuan. Jika nanti selesai sejumlah temuan itu akan kembali ditata di atas lahan lokasi penemuan.