• Card 1 of 30
Nasional

Pembeli di Tenda PKL Semakin Ramai

Fiona Yosefina    •    31 Desember 2017 04:46

Tenda pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jati Baru Raya, dipadati calon pembeli. Foto: Fiona Yosefina/Medcom.id Tenda pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jati Baru Raya, dipadati calon pembeli. Foto: Fiona Yosefina/Medcom.id

Jakarta: Masyarakat yang mengunjungi tenda-tenda pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, semakin ramai. Hal itu membuat para PKL bisa menjual barang dagangannya dengan lebih lancar.

Sofyan, salah seorang PKL di Jalan Jati Baru Raya, mengaku mendapatkan pendapatan Rp2 juta dari hasil berdagangnya dari pagi hingga siang hari. Hal itu tak terlepas atas ramainya masyarakat yang singgah di tokonya.

"Pembeli hari ini memang lebih ramai dari hari kemarin" ujar Sofyan kepada Medcom.id, Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2017.

Namun, pendapatan para PKL ini berbanding terbalik dengan para pedagang di kios-kios yang ada di Tanah Abang dan sekitar Jalan Jati Baru Raya. 

Baca: Tanah Abang Ditata, Pungli Malah Menggila

Kenaikan omzet hanya dirasakan beberapa pihak saja. Sedangkan pedagang kios mengalami penurunan pendapatan. Bahkan ada yang tidak dapat beroperasi seperti pengusaha Jasa Ekspedisi Barang.

Hal ini akibat penutupan Jalan Jati Baru Raya untuk merelokasi PKL yang berdagang di atas trotoar. Sofyan pun berharap Pemprov DKI dapat mengevaluasi lebih bijaksana agar tidak terjadi ketimpangan yang sangat signifikan terhadap pendapatan pedagang di Tanah Abang.