• Card 1 of 30
Nasional

Pemprov DKI Siagakan PPSU di Tanah Abang

Fiona Yosefina    •    30 Desember 2017 21:54

Sekitar tenda-tenda pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, bersih dari sampah. Foto:  Fiona Yosefina/Medcom.id Sekitar tenda-tenda pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, bersih dari sampah. Foto: Fiona Yosefina/Medcom.id

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiagakan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di sekitar tenda-tenda pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka ditugaskan untuk membersihkan lokasi sekitar tenda PKL.

Salah satu pekerja PPSU, Asep mengatakan, dirinya bersama petugas PPSU lainnya bersiaga di Jalan Jati Baru Raya sejak pukul 07.00 WIB. Mereka membersihkan jalanan sebelum tenda PKL dibangun.

"Terus petugas stand by sampai nanti jam 15.00 (WIB). Kalau tenda-tenda sudah dipasang, kita monitoring saja, kalau ada sampah kita pungut" ujar Asep saat ditemui Medcom.id, Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2017.

Baca: Kapolda Minta Pemprov DKI Kaji Ulang Penataan Tanah Abang

Pantauan Medcom.id, tak terlihat adanya tumpukan sampah di sekitar Jalan Jati Baru Raya. Sejumlah petugas PPSU tampak bersiaga di sekitar tenda PKL.


Pemprov DKI Jakarta menyiagakan petugas PPSU di sekitar tenda-tenda PKL di Jalan Jati Baru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: Fiona Yosefina/Medcom.id

Petugas PPSU yang bertugas di lokasi ini setiap harinya terbagi menjadi tiga shift. Shift pertama disiagakan satu petugas PPSU pada sekitar pukul 04.30 WIB. 

Kemudian, shift kedua pada pukul 07.00 WIB-15.00 WIB. Shift ketiga pukul 15.00 WIB-23.00 WIB. Pada shift kedua dan ketiga disiagakan enam petugas PPSU.

Sofyan, PKL di Jalan Jati Baru Raya, mengakui kondisi di tempatnya berjualan kini lebih bersih setelah dibangunnya tenda-tenda PKL. Ia pun mengaku tak dipungut biaya kebersihan oleh Pemprov DKI.

"Jadi yang namanya penumpukan sampah itu tidak ada" ujar Sofyan.