• Card 1 of 30
Nasional

Pemprov DKI Putar Otak Beri Lahan buat Pedagang Pasar Tasik

M Sholahadhin Azhar    •    16 April 2018 11:23

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memindahkan pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Tasik ke kawasan Cideng Timur. Pemprov DKI terus memutar otak agar para PKL itu bisa berjualan, terutama saat Ramadan.

"Kita lagi cari regulasi yang bisa memungkinkan Pemprov DKI tetap bisa memberikan sarana dan lahan kepada para pengusaha tersebut, khususnya memasuki bulan Ramadan," kata Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di Balai Kota, Senin, 16 April 2018.

Sandi menyebut, jumlah PKL yang berdagang di kawasan Cideng Timur terlihat menumpuk. Karena, hanya sepertiga lahan kawasan Cideng Timur yang menjadi jatah pedagang dari Pasar Tasik. 

Baca: Pasar Tasik Masuk Penataan Tanah Abang Tahap II

Pemprov pun akan menyiapkan tambahan lahan untuk menampung PKL itu. Sehingga, semakin banyak pedagang yang ditampung ke kawasan Cideng Timur dan tak tumpah ke pinggir jalan.


Suasana di Pasar Tasik, Jalan Jati Baru, Tanah Abang. MI/Tosiani.

"Kita bisa tingkatkan menjadi setengah, jumlah pedagangnya bisa lebih banyak yang ditampung, dan kita harapkan bisa menciptakan lapangan kerja," jelas Sandi.

Baca: Polisi Minta Lahan Pasar Tasik Dikosongkan

Sementara itu, jumlah pedagang pun terus bertambah di Pasar Tasik. Kondisi ini membuat melimpahnya PKL yang berjualan di bahu jalan. Sandiaga menegaskan, PKL yang berjualan di bahu jalan akan ditindak jika tak mau ditertibakan.

"Bisa kita tindak dan kita pindahkan untuk mausk ke Cideng Timur. Sementara negosiasi (sengketa lahan Pasar Tasik) terus berlanjut, untuk penggunaan dari pembongkaran selama proses hukum berlangsung," kata Sandi.