• Card 1 of 30
Nasional

Pembangunan Sky Bridge Tanah Abang Hampir 50 Persen

Dheri Agriesta    •    21 September 2018 13:51

Pembangunan sky bridge Tanah Abang - Medcom.id/Dheri Agriesta. Pembangunan sky bridge Tanah Abang - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Jakarta: Pembangunan sky bridge atau jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Tanah Abang terus dikebut. Pembangunan hampir 50 persen rampung. 

"Sekitar 48 persen lah, ya hampir 50 persen," kata Pelaksana proyek Agus Priyono di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat, 21 September 2018.

Agus optimistis pekerjaan ini rampung sesuai tenggat waktu. Jembatan multi guna ini diyakini bisa diresmikan secara fungsional pada 15 Oktober, sesuai jadwal. 

Dia menyebut pekerjaan pembangunan jembatan multi guna ini terbilang mudah karena menggunakan sistem knock down. Material baja telah tersedia di workshop yang berada di Tangerang. 

"Paling dalam hitungan minggu ini kita untuk erection (pemancangan) baja selesai," kata dia. 

Seluruh material yang dibutuhkan buat pembangunan jembatan multi guna dirakit di workshop. Pengiriman material dilakukan sesuai kebutuhan pekerja. 


Pembangunan sky bridge Tanah Abang - Medcom.id/Dheri Agriesta. 

"Jadi misal kita kirim malam ini buat erection besok, jadi kita kerja kayak rayap saja tapi tahu-tahu jadi (terbangun)," tutur dia.  

Kesibukan terlihat di lokasi proyek bernilai Rp3,5 miliar ini. Pekerja sibuk mengerjakan tugas masing-masing. Dua alat berat terlihat beroperasi di lokasi pembangunan. Alat berat ini fokus memancang tiang baja buat jembatan. 

Bangunan jembatan sudah mulai memperlihatkan bentuknya. Pada bagian jembatan yang dekat dengan Blok F Pasar Tanah Abang, lantai jembatan multi guna telah terpasang.

Sky bridge di Tanah Abang rencananya jadi lokasi integrasi antarmoda transportasi dan dapat menampung hingga 446 pedagang. Jembatan layang itu bakal dibangun di atas lahan sepanjang 386,4 meter dan lebar 12,6 meter.