• Card 1 of 30
Nasional

Prasetyo: Tanah Abang Kembali Kumuh

M Sholahadhin Azhar    •    12 November 2018 15:12

Proyek pembangunan jembatan multiguna atau skybridge Tanah Abang di Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah. Proyek pembangunan jembatan multiguna atau skybridge Tanah Abang di Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah.

Jakarta: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengkritik pembenahan kawasan Tanah Abang era Gubernur Anies Baswedan. Dia menilai Tanah Abang kini jauh dari kesan terurus.

"Sekarang jadi permasalahan baru. Di situ sekarang jadi tempat kumuh lagi," kata Pras, sapaannya, di Kantor DPRD, Jakarta Pusat, 12 November 2018.

Menurut dia, kekumuhan akibat konsep pembangunan skybridge tidak jelas. Saat ini, jembatan penghubung itu tengah dibangun, tapi rencana relokasi pedagang tak pernah dibeberkan rinci.

Prasetyo tak ingin pembangunan skybridge menambah kumuh kawasan Tanah Abang, khususnya di Jatibaru. Pasalnya, kondisi saat ini sangat berbeda jauh dengan sebelumnya.
 
"Saya yang turut bantu Pak Jokowi (mantan Gubernur DKI), pak sekda (sekretaris daerah) yang waktu itu jadi wali kota jakarta Pusat bersihkan tempat itu," jelas dia.

Untuk itu, ia meminta Pemerintah Provinsi DKI serius terhadap Tanah Abang yang menjadi salah satu ikon Indonesia. Presiden Joko Widodo bahkan selalu membawa tamu kenegaraan ke sana. 

Sekarang, Prasetyo ragu Kepala Negara akan membawa tamu berkunjung ke sana. Selain kumuh, kemacetan menjadi momok di sana. 

Direktur Utama PD Sarana Jaya Yoori Pinontoan mengakui pembangunan skybridge berjalan lamban. Dia berdalih itu disebabkan PT KAI meminta sejumlah fasilitas di skybridge, seperti pembuatan toilet di jembatan penghubung dan halte di bagian bawah skybridge.

"Menambah waktu lagi dari beberapa hal yang direncanakan. Harus disesuaikan dengan PT KAI," ujar Yoory.

Baca: Pembangunan Skybridge Tanah Abang Selesai Pekan Ini

Untuk jembatan sendiri, ia memastikan telah rampung 100 persen. Hanya saja, ada tambahan penutup dan tanaman untuk mempercantik dan halte. 

Sore ini, Yoory akan rapat untuk mengevaluasi pengerjaan skybridge. "Harapan saya sih enggak lebih dari Bulan November sudah selesai. Sekarang sudah 95-96 persen," jelas Yoory.