• Card 1 of 30
Nasional

PKL Ilegal Menjamur di Kolong SkyBridge Tanah Abang

Dian Ihsan Siregar    •    13 November 2018 13:36

skybridge Tanah Abang?. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar. skybridge Tanah Abang?. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.

Jakarta: Pedagang kaki lima (PKL) ilegal menjamur di bawah skybridge Tanah Abang‎. Kehadiran para PKL membuat kolong jembatan itu semrawut dan kumuh.
 
"Banyak yang tidak resmi. Jadi kumuh," kata salah satu keamanan di Stasiun Tanah Abang, Iwan S kepada Medcom.id, Selasa, 13 November 2018.
 
Dia mengungkapkan, kebanyakan pedagang di bawah skybridge‎ adalah masyarakat asli Tanah Abang. Kalau ada kejadian, mereka selalu kompak bersikap. "Pedagang itu asli sini (Tanah Abang). Kalau ada ribut-ribut, pasti mereka kompak," jelas Iwan.
 
Iwan mengatakan, PKL tak resmi ini cenderung berani meski sudah diperingatkan pihak keamanan. Dirinya juga yakin, saat skybridge Tanah Abang beroperasi, para PKL itu akan bertahan meski menyalahi aturan. "Kalau mereka yang resmi sudah dipindah ke atas, paling yang di bawah itu masih ada terus," kata dia.

Baca: Penempatan di Skybridge tidak Adil, PKL Siap Melawan

Terkait sampah para PKL, Iwan menyebut semua dibersihkan oleh PPSU . Namun, kadang-kadang mereka membersihkan sendiri lokasi tempat jualannya.
 
"Kebanyakan pasukan oranye yang bersihkan, dibanding yang jualan sendiri yah. ‎Itu terlihat dari setiap hari," tegas Iwan.
 
Salah satu masyarakat, Bambang mengatakan, PKL ilegal sudah diperingatkan. Namun mereka tetap menggelar lapak dagangannya.
 
"15 November ini katanya hari terakhir mereka di bawah skybridge. Karena, ini kan seharusnya jalan angkutan umum. Makanya banyak angkutan umum yang demo, karena jalanan mereka digunakan oleh PKL di sini," kata ‎Bambang.