• Card 1 of 30
Nasional

Sandi Tahu Tenda PKL Tanah Abang Dijual Calo

Nur Azizah    •    16 April 2018 13:19

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno tahu tenda-tenda pedagang kaki lima di Tanah Abang dijual calo. Kabarnya harga jual satu tenda bervariasi, mulai dari Rp3 juta hingga Rp20 juta per bulan.

"Kita baru tahu kalau tenda di Tanah Abang ternyata diam-diam ada praktik saling menjual hak atas lahan tersebut," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 16 April 2018.

Baca: Pemprov DKI Putar Otak Beri Lahan buat Pedagang Pasar Tasik

Sandi mendapatkan informasi ini dari pedagang yang tak mendapatkan tenda. Dewan Pembina Partai Gerindra ini tak mau praktik curang itu terus terjadi dan terulang.

"Kita harus saling mengawasi, tidak boleh ada toleransi. Itu yang tidak kita inginkan," ungkap dia.

Kepala Dinas UMKM DKI Jakarta Irwandi mengaku sudah menelusuri informasi tersebut, namun nihil. Ia mengaku tak ada bukti kuat mengenai praktik jual beli tenda PKL Tanah Abang.

"Yang memberi tahu juga tidak kasih tahu siapa nama yang menjual dan tidak ada serah terima. Kalau kita laporkan ke polisi dan tidak tahu namanya ya bagaimana," kata Irwandi saat dihubungi.

Baca: Pasar Tasik Masuk Penataan Tanah Abang Tahap II

Ia mengaku sudah menelusuri dan bertanya ke sejumlah pedagang. Namun, tidak ada yang mengaku.

"Sudah (ditanya) tapi enggak ada yang mengaku. Saya tanya premannya katanya jangan fitnah karena belum ada bukti yang pas," kata dia.