• Card 1 of 30
Nasional

Pembangunan Skybridge Minim Sosialisasi

M Sholahadhin Azhar    •    03 Agustus 2018 15:18

Disain skybridge Tanah Abang (PD Pembangunan Sarana Jaya) Disain skybridge Tanah Abang (PD Pembangunan Sarana Jaya)

Jakarta: Sosialisasi Pembangunan jembatan layang multi guna atau skybridge di kawasan Jatibaru, Tanah Abang, masih minim. Banyak pedagang belum mengetahui pembangunan yang telah dimulai sejak 31 Juli 2018 itu.
 
Pedagang kaki lima (PKL) di Jatibaru, Ihsan,30, tak mengetahui kapan proyek tersebut dieksekusi. "Enggak tahu kita, belum ada pemberitahuan. Kita sih nunggu saja," kata Ihsan pada Medcom.id di lokasi, Jumat, 3 Agustus 2018.
 
Ihsan yang berada di Zona B pembangunan skybridge belum mendapat pemberitahuan. Pengakuan serupa diutarakan pedagang kain, Yani, 22, yang ada di Zona A, dekat Blok G Pasar Tanah Abang. Menurutnya, tak ada pemberitahuan tentang pembangunan.
 
Seharusnya, kata dia, hal itu sudah disampaikan pada pedagang. Minimal bos PKL diberi informasi mengenai pembangunan. "Ya saya tunggu perintah bos dulu, tapi belum ada (pemberitahuan) kok," kata Yani.
 
Pedagang Zona C Gianto, 30, memiliki pendapat berbeda. Meski belum mengetahui kapan pembangunan dilakukan, ia meminta pemindahan tak jauh dari lokasi asal. "Enggak apa-apa kalau dipindah, tapi ya jangan jauh-jauh. Kalau masih di sekitar sini ya enggak masalah," kata Gianto.
 
Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory Pinontoan mengklaim telah ada sosialisasi pada para pedagang.
 
"Sudah, jadi pedagang sosialisasinya dilakukan Dinas UMKM, dan nanti sore juga akan dilakukan sekali lagi," kata Yoory.

Baca: Pembangunan Skybridge Dijamin tak Ganggu KRL

Nanti malam, kata dia, sosialisasi akan dimaksimalkan. Termasuk memberi informasi soal pembangunan yang memakai skema dua sif. Yoory mengklaim tak ada keluhan dari para pedagang terkait hal ini.
 
"Mereka semua sangat mendukung pembangunan supaya dilaksanakan. Nanti ada pemasangan spanduk. Saya belum tahu ada berapa spanduk," ujar Yoory.
 
Seperti diketahui, jalanan sepanjang 400 meter dari pintu keluar stasiun Tanah Abang di Jatibaru hingga Blok G, akan terdampak pembangunan skybridge. PD Pembangunan Jaya membagi zona tiap 100 meter, Zona A berada di dekat Blok G sementara Zona D tepat di depan pintu keluat Stasiun Tanah Abang, Jatibaru.
 
Ada dua tahapan yang bakal dilakukan untuk membangun jembatan multi guna itu. Pertama sif pagi dari pukul 04.00 WIB hingga 19.00 WIB, yang akan mengeksekusi tiap Zona. Sif kedua dilakukan pada pukul 19.00 WIB hingga 04.00 WIB, dan menutup semua ruas jalan sepanjang 400 meter.