• Card 1 of 30
Nasional

Menhub Minta Jalan Jatibaru Dibuka

Annisa ayu artanti    •    02 Januari 2018 17:21

Suasana penataan PKL di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: MI/Rommy Pujianto Suasana penataan PKL di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Kementerian Perhubungan meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka Jalan Jatibaru, Tanah Abang. Sebab, penutupan jalan yang digunakan untuk penampungan PKL itu menimbulkan kemacetan.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jalan raya harus digunakan sesuai fungsinya, bukan untuk PKL. Pemerintah akan mencarikan lokasi baru untuk PKL.
 
"Jalan ya untuk jalan, kalau kaki lima kita carikan lokasi," kata Budi saat ditemui di Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Jakarta, Selasa, 2 Januari 2017.
 
Ia menjelaskan pemerintah pusat akan berupaya mengembalikan fungsi jalan tersebut. Pihaknya akan mengajak Pemprov DKI berdiskusi dan memberikan rekomendasi terbaik.
 
"Preferensinya seperti itu (Jalan Jati Baru akan dibuka), kita ajak diskusi. Kewenangan keputusan ada di DKI, kita hanya berikan rekomendasi," ujarnya.

Baca: Kadishub Sebut BPTJ Tahu Penutupan Jalan Jati Baru

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengaku kaget Jalan Jatibaru Raya ditutup. Pasalnya, tidak ada pemberitahuan dari Pemerintah DKI Jakarta maupun dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI.
 
"Ya, kita kaget, kok tiba-tiba jalan ditutup. Tahunya juga dari media," kata Humas BPTJ, Iis Isak kepada Medcom.id.
 
Iis mengaku tak pernah dilibatkan mengenai penataan PKL di Tanah Abang. BPTJ akan mengadakan rapat internal bersama Dishub DKI untuk membahas kondisi Tanah Abang.