• Card 1 of 30
Nasional

Dirlantas Polda Metro akan Surati Anies terkait Penataan Tanah Abang

Fachri Audhia Hafiez    •    03 Januari 2018 03:39

Suasana Jalan Jati Baru Raya usai ditutup dan diperuntukkan bagi pedagang kaki lima. MI/Ramdani. Suasana Jalan Jati Baru Raya usai ditutup dan diperuntukkan bagi pedagang kaki lima. MI/Ramdani.

Jakarta: Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra akan mengirimkan surat kajian penataan pedagang kaki lima (PKL) kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa mempertimbangkan kebijakan itu.

"Kami akan kirim surat kajian ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk ditinjau ulang kembali kebijakan penataan PKL di Jalan Jatibaru," kata Halim saat dihubungi, Selasa, 2 Januari 2018.

Halim mengatakan, polisi masih mengevaluasi kondisi terkini lalu lintas di kawasan Pasar Tanah Abang. Saat ini, kondisi jalanan sekitar Tanah Abang masih lengang karena warga Ibu Kota belum sepenuhnya kembali dari liburan.

"Jangan disamakan saat hari libur. Beberapa hari ke depan akan kami tinjau kepadatan di Jalan Jatibaru setelah libur tahun baru ini," jelas Halim.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka Jalan Jatibaru, Tanah Abang. Sebab, penutupan jalan yang digunakan untuk penampungan PKL itu menimbulkan kemacetan.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jalan raya harus digunakan sesuai fungsinya, bukan untuk PKL. Pemerintah akan mencarikan lokasi baru untuk PKL.
 
"Jalan ya untuk jalan, kalau kaki lima kita carikan lokasi," kata Budi di Stasiun Sudirman Baru.