• Card 1 of 30
Teknologi

Mau Tukar iPhone X dengan Oppo Find X?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    09 Agustus 2018 15:16

Oppo Find X. Oppo Find X.

Jakarta: Bulan lalu, Oppo merilis smartphone premiumnya, Find X. Sama seperti kebanyakan smartphone flagship, Find X memiliki harga di atas Rp10 juta. Mengingat Find X menggunakan Qualcomm Snapdragon 845, RAM 8GB dan memori internal 256GB, harga belasan juta sebenarnya tidak aneh.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kantong yang cukup dalam untuk membeli smartphone itu. Karena itulah, Oppo memfasilitasi para penggemar dengan mengadakan trade-in atau tukar tambah. Di sini, Anda bisa menukar ponsel lain, seperti Apple dan Samsung, untuk mendapatkan Find X dengan harga lebih murah.

Ini daftar ponsel yang boleh ditukar beserta dengan harga yang ditawarkan oleh Oppo, lengkap dengan harga asli dari seri Galaxy dan iPhone pada hari peluncuran.



Pertanyaannya adalah apakah Anda rela membiarkan iPhone X 256GB dihargai Rp 10 juta? Atau Samsung Galaxy S9+ dihargai Rp7,5 juta? Terlepas dari preferensi merek, ketika Anda hendak membeli smartphone premium, sebenarnya apa yang harus Anda perhatikan?

Menurut Herry SW, pengamat industri smartphone, spesifikasi merupakan hal pertama yang dia amati ketika hendak membeli ponsel dengan harga di atas Rp10 juta.

"Berikutnya, harganya masih rasional atau tidak," katanya saat dihubungi Medcom.id. "'Harga merek' juga diperhatikan."

Dia memberikan contoh dua ponsel dengan spesifikasi dan harga yang sama persis tapi dari merek yang berbeda. "Yang satu merek Samsung, satu lagi Meizu. Tentu saja saya pilih yang Samsung."


Samsung Galaxy S9. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)

Herry mengaku, dia tidak memiliki preferensi merek tertentu. "Asalkan saya anggap menarik dan harga masuk akal, mau merek apapun, hajar deh," katanya.

"Buat saya pribadi, gengsi merek sih urutan nomor sekian. Anggaplah ada dua ponsel dengan harga dan spesifikasi yang persis sama. Yang satu Samsung, satu lagi LG. Amat mungkin saya justru lebih pilih LG."

Pada saat yang sama, dia tidak memungkiri bahwa segmen konsumen tertentu memang akan menjadikan "gengsi merek" sebagai salah satu alasan untuk membeli smartphone premium.

Menurut Herry, kesediaan perusahaan untuk mengeluarkan update sistem operasi juga cukup penting. Namun, dia mengungkap, smartphone flagship biasanya akan mendapatkan update.

Bagaimana dengan Anda? Apa alasan utama Anda untuk membeli smartphone premium?