• Card 1 of 30
Nasional

Novanto-Nazaruddin Bahas Aliran Dana KTP-el di Sukamiskin

M Sholahadhin Azhar    •    18 September 2018 14:55

Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto--MI/M Sholahadhin Azhar. Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto--MI/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Eks Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto mengonfirmasi foto yang memuat dirinya dan eks Bendahara Umum Demojrat M Nazaruddin. Novanto menyebut foto itu diambil saat Ombudsman RI melakukan sidak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung.

Novanto membeberkan saat itu tengah berkomunikasi dengan Nazaruddin soal aliran dana uang korupsi KTP-el. "Saya dan Nazarudin kan melihat (penyerahan uang), jadi saya sedang mencocok-cocokan (ingatan)," ujar Novanto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa, 18 September 2018.

Menurutnya, pertemuan itu berlangsung sebelum ia bersaksi untuk terdakwa korupsi KTP-el Irvanto Hendra Pambudi Cahyo. Adapun Irvanto adalah keponakan Novanto yang didakwa menjadi kurir yang KTP-el ke sejumlah anggota DPR.

Baca: Novanto Sebut Nazaruddin Banyak Bohong

Novanto menyatakan komunikasi dengan Nazaruddin ini memiliki relevansi dengan korupsi KTP-el. Sebab Nazarudddin melihat penyerahan uang korupsi tersebut ke sejumlah anggota DPR. Seperti pimpinan Banggar DPR Melchias Markus Mekeng dan Olly Dondokambey.

"Pimpinan banggar menerima uang termasuk Melchias Mekeng dan Olly. Irvan menyerahkan uang kepada Melchias Mekeng di ruangan saya," ucap Novanto.

Ia menyebut perlu konfirmasi terkait hal ini dari sesama kolega. Salah satunya adalah eks bendahara Demokrat Nazaruddin. Sehingga, menurut Novanto, apa yang disampaikan saat sidang telah dikonfirmasi terlebih dahulu. "Sehingga yang saya sampaikan (nanti), tidak salah," tandas Novanto.