• Card 1 of 30
Nasional

Bimanesh Mengakui buat Surat Pengantar Rawat Inap Novanto

Damar Iradat    •    19 April 2018 16:37

Dokter Bimanesh Sutarjo - Medcom.id/Damar Iradat. Dokter Bimanesh Sutarjo - Medcom.id/Damar Iradat.

Jakarta: Dokter Bimanesh Sutarjo mengaku membuat surat pengantar rawat inap di Rumah Sakit Medika Permata Hijau untuk terdakwa kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto. Saat itu Novanto dinilai butuh dirawat.

Bimanesh menuturkan surat pengantar rawat inap itu bukan karena luka ringan yang dialami mantan Novanto pascakecelakaan. Ketua DPR RI itu diminta untuk dirawat karena menderita hipertensi berat.

"Saya periksa tensinya 180/110, itu tinggi sekali dan harus istirahat banyak," ujar Bimanesh saat bersaksi untuk mantan pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 19 April 2018. 

Dia bilang tekanan darah tinggi yang dialami Novanto tergolong berat. Bekas Ketua Umum Partai Golkar itu harus segera dirawat, jika tidak, dikhawatirkan berisiko stroke dan serangan jantung.

(Baca juga: Bimanesh Diminta Ikuti Skenario Kecelakaan Novanto)

Bimanesh kemudian meminta Novanto beristirahat. Di depan pintu kamar VIP 323 juga dipasang informasi agar pengunjung tidak mengganggu pasien yang sedang beristirahat.

Kemudian, ia memberikan obat Amlodipine untuk menurunkan hipertensi yang dialami Novanto. Ia juga sempat berbicara dengan Novanto dan menanyakan soal keluhan yang dialaminya.

"Saya bangunkan pasien, Pak Novanto apa keluhannya? Bisa jawab 'pusing, Dok', saya periksa dulu ya 'silakan, Dok'," beber dia. 

(Baca juga: Bimanesh: Merawat Novanto Karena Tanggung Jawab)