• Card 1 of 30
Nasional

Novanto Bayarkan Uang Pengganti Rp1,1 M ke KPK

Sunnaholomi Halakrispen    •    13 September 2018 22:30

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen,. Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen,.

Jakarta: Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan terdakwa kasus korupsi KTP elektronik (KTP-el) Setya Novanto telah membayar uang pengganti sebesar Rp1,11 miliar.

"Pemindahbukuan dari rekening Setya Novanto di Bank Mandiri ke rekening KPK untuk kepentingan pembayaran uang pengganti sebesar Rp1.116.624.197," ujar Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 13 September 2018.

Pembayaran uang pengganti melalui pemindahbukuan tersebut, kata Febri, dilakukan Jaksa Eksekusi setelah mendapatkan surat kuasa dari Setya Novanto.

Sementara itu pembayaran uang pengganti dalam bentuk rupiah akan dikonversikan sesuai kurs dolar Amerika. Pasalnya berdasarkan vonis hakim uang harus dikembalikan dalam bentuk USD.

"Dikonversi dengan kurs yang mana sejauh ini yang sudah ada dasar hukumnya sesuai dengan putusan itu. Karena yang mengikat adalah putusannya dan akan dihitung kekurangan berapa dari kewajiban pembayaran uang pengganti," tutur dia.

Sebelumnya Novanto menyatakan bakal melunasi uang pengganti USD7,3 juta dikurangi Rp5 miliar yang sudah lebih dulu dititipkan ke penyidik KPK. Sisanya dibayar betahap yang mana Novanto mulai mencicil uang pengganti USD100 ribu pada Mei 2018. 

Seperti diketahui Pengadilan Tipikor Jakarta telah menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepada Setya Novanto. Selain hukuman pidana penjara, Novanto juga didenda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan.

Novanto juga dituntut majelis hakim membayar uang pengganti USD7,3 juta dikurangi uang yang telah dikembalikan Rp5 miliar subsider dua tahun kurungan. Majelis hakim menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak politik Novanto selama lima tahun.