• Card 3 of 9
Pendidikan

Pemprov Papua Diminta Serius Lakukan Pemerataan Pendidikan

Intan Yunelia    •    16 Juli 2018 16:10

Mendikbud Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke salah satu SD di Papua pada Hari Pertama Sekolah, Dokumentasi Kemendikbud Mendikbud Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke salah satu SD di Papua pada Hari Pertama Sekolah, Dokumentasi Kemendikbud

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud), Muhadjir Effendy meminta pemerintah Provinsi Papua agar serius dalam melakukan pemerataan kualitas pendidikan di wilayahnya. 

Muhadjir Effendy mengatakan mengatakan bahwa sekolah di Papua sebenarnya tidak kalah bagus dengan sekolah yang ada di ibu kota Jakarta. Muhadjir menyampaikan hal tersebut saat mengawali kunjungan kerja di hari pertama sekolah peserta didik baru di beberapa sekolah di Papua.

“Saya berkunjung ke SD yang sangat bagus, tidak kalah dengan SD di tempat lain, khususnya di Jawa. Saya minta Pemerintah Provinsi Papua bisa mengimbaskan sekolah yang bagus ini ke sekolah-sekolah lainnya di Papua yang kondisinya masih kurang,” kata Muhadjir di siaran pers yang diterima oleh Medcom.id, Senin,16 Juli 2018.

Muhadjir dalam kesempatan tersebut memberikan motivasi kepada murid sekolah tersebut untuk terus giat belajar agar dapat memberikan kontribusi untuk perubahan papua ke arah yang lebih maju. Ia juga berpesan kepada sekolah-sekolah di Papua maupun di seluruh Indonesia agar memberikan penyambutan yang hangat dengan suasana menggembirakan dalam PLS, agar memberikan semangat dan harapan baru bagi anak-anak murid di sekolah.

Baca: Persiapkan Anak untuk Back to School Usai Libur Panjang

Tak lupa, lanjut Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut mengingatkan para guru untuk memperkenalkan peraturan sekolah beserta dengan fasilitas-fasilitas yang dimiliki sekolah. “Pendidik perlu memahami bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang sesuai minat dan bakat masing-masing,” ucap Muhadjir.

Turut dalam kunjungan kerja kali ini Sekretaris Jenderal Didik Suhardi, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah James Modouw, Staf Khusus Monitoring Implementasi Kebijakan, Alpha Amirrachman, Direktur Pembinaan SD Khamim, Direktur Pembinaan SMP Supriano.

Selain meninjau pelaksanaan hari pertama sekolah, Muhadjir dijadwalkan menghadiri Rapat Koordinasi Dinas Pendidikan se-Papua dan juga melepas Jalan Sehat Siswa dan Guru dalam rangka menyemarakkan Asian Games 2018.