• Card 6 of 9
Pendidikan

Persiapkan Anak untuk Back to School Usai Libur Panjang

Intan Yunelia    •    16 Juli 2018 14:33

Hari pertama sekolah di di TK Islam Annajah, Jakarta Selatan, Senin, 18 Juli 2018, MI Ramdani Hari pertama sekolah di di TK Islam Annajah, Jakarta Selatan, Senin, 18 Juli 2018, MI Ramdani

Jakarta: Mengajarkan anak beradaptasi dengan sekolah setelah liburan panjang berbeda dengan mempersiapkan anak memasuki sekolah baru. Orangtua memiliki tugas penting dalam mempersiapkan perlengkapan anak, untuk kembali ke rutinitas belajar di sekolah.

Psikolog Anak dan Keluarga, Ajeng Raviando mengatakan, bahwa kunci kesiapan anak untuk back to school setelah libur panjang ada pada bagaimana orangtua memberikan persiapan mental maupun fisik kepada anak untuk masuk sekolah kembali. 

“Jadi persiapan ‘Back to School’ dilakukan orangtua, salah satunya dengan memberikan peralatan tulis, mengajak anak untuk menyiapkan seragam sekolah, tas, dan sepatu. Dengan demikian biasanya sebelum masuk sekolah anak sudah ikut terlibat dan merasakan persiapan itu sudah ada,” kata Ajeng kepada Medcom.id, Senin 16 Juli 2018.

Baca: Wajib Diketahui Orangtua di Masa PLS

Hal sederhana tersebut mampu membangkitkan semangat anak untuk kembali masuk ke sekolah. Dan juga dapat membentuk persiapan mental sang anak untuk belajar di sekolah.

Sedangkan untuk anak yang memasuki sekolah baru, akan berbeda dengan anak yang masuk ke sekolah di sekolah yang sama dengan sebelumnya

“Penyesuaiannya akan berbeda karena persiapan untuk teman-teman dan lingkungan sekolah yang baru dan guru-gurunya kan berbeda,” tutur Ajeng.

Seperti diketahui, Senin, 16 Juli 2018 merupakan hari pertama sekolah bagi siswa di seluruh jenjang setelah menghabiskan libur panjang, yakni libur Hari raya Idulfitri dan libur kenaikan kelas untuk memasuki tahun ajaran baru 2018/2019.