• Card 1 of 30
Bola

Unai Emery Kandidat Kuat Pengganti Wenger

Krisna Octavianus    •    22 Mei 2018 08:41

Unai Emery (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU) Unai Emery (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

London: Arsenal dikabarkan akan segera menunjuk Unai Emery sebagai manajer baru mereka. Dia juga harus bersaing dengan Mikel Arteta.

Emery muncul sebagai pilihan yang paling mungkin dipilih oleh manajemen The Gunners setelah proses rekrutmen di mana semua kandidat diajak bicara.

Pelatih asal Spanyol berusia 46 tahun ini memang sedang menganggur setelah meninggalkan Paris St-Germain di mana ia mempersembahkan satu gelar Ligue 1 dan enam piala domestik dalam dua musim yang bertanggung jawab.

Sebelumnya, dia membimbing Sevilla meraih gelar juara Liga Europa tiga kali berturut-turut pada 2014, 2015, dan 2016.

Emery mengumumkan bulan lalu ia akan meninggalkan PSG ketika kontraknya berakhir pada akhir musim. Dia digantikan oleh mantan bos Borussia Dortmund Thomas Tuchel, yang sebelumnya juga dikaitkan dengan pekerjaan melatih Arsenal.

Salah satu masalah Emery adalah bahasa inggrisnya tidak sepenuhnya lancar. Akan tetapi, kendala bahasa tampaknya tidak menjadi masalah. Pengumuman dan konferensi pers tentang pengangkatan Emery diharapkan akan berlangsung akhir pekan ini.

Setelah Wenger memutuskan tak akan lagi melatih Arsenal, nama-nama pengganti bermunculan. Mantan manajer Tottenham Hotspur, Tim Sherwood juga masuk daftar.

Calon lainnya adalah manajer Juventus Massimiliano Allegri dan Carlo Ancelotti, serta mantan pemain Arsenal Arteta, Thierry Henry, dan Patrick Vieira.

Proses perekrutan dipimpin oleh kepala eksekutif Arsenal Ivan Gazidis, kepala hubungan sepak bola Raul Sanllehi dan kepala rekrutmen Sven Mislintat. Meskipun keputusan akhir akan jatuh ke pemegang saham mayoritas dan pemilik klub, Stan Kroenke. (BBC)