• Card 16 of 30
Jawa Tengah

716 Peserta Absen Ujian SBMPTN di Solo

Pythag Kurniati    •    08 Mei 2018 17:53

Ujian SBMPTN di Kota Solo Ujian SBMPTN di Kota Solo

Solo: Hari pertama ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilaksanakan pada Selasa, 8 Mei 2018. Peserta yang terdaftar ujian di Panlok 44 wilayah Surakarta sebanyak 26.743 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2,7 persen peserta tidak menghadiri ujian SBMPTN. "Ada sebanyak 716 yang tidak menghadiri tes," kata Ketua Panlok 44 wilayah Surakarta, Sutarno, Selasa, 8 Mei 2018.

Ia memprediksi, ratusan peserta yang tidak datang dikarenakan sudah diterima melalui jalur lain. "Mungkin sudah diterima melalui jalur lain tapi tetap daftar lagi (SBMPTN), setelah mereka pikir-pikir, tidak usah saja," beber Sutarno.

Sebab, peserta yang telah diterima dengan jalur lain memang sangat ditekankan untuk tidak mengikuti SBMPTN. "Memberi kesempatan pada peserta lainnya," imbuhnya.

Sekretaris Eksekutif Panlok 44 Surakarta Sunardi mengemukakan, dari sekitar 26 ribu peserta yang menjalani tes di Solo, terbagi dalam dua metode ujian. Yakni Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Sebanyak 25.823 nya menjalani UTBC sedangkan 920 orang dengan UTBK," ungkap Sunardi usai meninjau jalannya tes.

Di Solo, lanjutnya, seluruh peserta menjalani tes di 18 sektor yang terdiri dari 63 lokasi. "Adapun jumlah ruangan yang digunakan sebanyak 1.338 ruangan," katanya.

Lokasi yang digunakan antara lain perguruan-perguruan tinggi negeri di Solo, sejumlah SMA dan SMK serta beberapa SMP. Khusus untuk SMP, panitia memilih lokasi SMP yang aksesnya strategis.

Sunardi memaparkan, di Panlok 44 wilayah Surakarta ada sebanyak tujuh peserta SBMPTN berkebutuhan khusus. Rinciannya, 3 orang tunarungu, 2 orang penyandang tunanetra dan 2 orang penyandang tunadaksa.

"Untuk yang tunanetra ada petugas yang membacakan, bagi tunadaksa kita tempatkan di tempat yang akses mudah, misalnya bukan di lantai dua," beber dia.

Dia menyampaikan, setelah menjalani ujian tulis, beberapa peserta SBMPTN akan melakukan ujian keterampilan pada 9 Mei 2018 dan 11 Mei 2018. Ujian keterampilan olahraga dilangsungkan di Kampus POK FKIP UNS, Manahan, Solo. Sedangkan ujian keterampilan seni rupa dipusatkan di Auditorium UNS dan Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS.

"Jumlah peserta uji keterampilan olahraga sebanyak 945 peserta. Sedangkan untuk seni rupa 1.233 peserta," pungkasnya.