• Card 12 of 30
Nasional

SBMPTN di Unhas Dijamin Bebas dari Praktik Perjokian

Andi Aan Pranata    •    08 Mei 2018 21:27

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina meninjau pelaksanaan SBMPTN 2018 di Makassar Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina meninjau pelaksanaan SBMPTN 2018 di Makassar

Makassar: Rektor Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Prof Dwia Aries Tina menyebut pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di kampusnya berjalan lancar. Ujian yang berlangsung dua sesi pada Selasa, 8 Mei, dipastikan tanpa persoalan berarti.

Dwia mengungkapkan hal tersebut berdasarkan laporan panitia serta dari kunjungan ke lokasi ujian. Selama ujian, menurut dia, tidak ditemukan kendala di lapangan. Terutama seputar praktik perjokian yang selalu membayangi ujian penerimaan mahasiswa baru.

“Secara umum saya melihat semua berlangsung lancar dan baik. Namun kita akan tetap evaluasi agar tes SBMPTN ini bisa lebih baik lagi, dan peserta bisa dengan nyaman mengikuti ujian,” kata Dwia.

Dwia didampingi sejumlah pejabat Unhas, pada masa ujian SBMPTN, mengunjungi sejumlah lokasi tes. Dia melihat secara langsung proses ujian dan ruang tes ujian di sejumlah tempat. 

Lokasi ujian SBMPTN yang dikunjungi Rektor dan rombongan Unhas berlangsung di SDN Sudirman, SMKN 4, Fakultas Teknik Non Reguler Unhas Baraya, dan SMAN 17 Makassar. Di lokasi, Dwia berkeliling di sambil mengamati setiap kondisi ruangan yang masing-masing diisi 20 peserta ujian SBMPTN.

Di SMK Negeri 4 Makassar yang terletak di Jalan Bandang, Prof Dwia mendapati salah satu kelas ujian yang tidak dilengkapi dengan penerangan yang memadai. Ia pun meminta pengawas dan petugas setempat untuk mengusahakan lampu penerangan agar peserta ujian bisa dengan nyaman menjawab soal-soal SBMPTN.

“Kasihan sekali peserta ujian di ruangan itu. Mereka mengerjakan soal dalam keadaan gelap,” ujarnya.

Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas Ishaq Rahman menyebutkan, SBMPTN 2018 di sektor Unhas diikuti 28.460 peserta. Peserta terbanyak, sejumlah 13.840 orang bergabung di Kelompok Sains dan Teknologi. Kelompok Sosial Humaniora berisikan 7.520 peserta, sedangkan Kelompok Campuran 7.100 peserta. 

Dari total tersebut, panitia Unhas menyiapkan 1.423 ruang kelas yang tersebar di berbagai gedung sekolah di kota Makassar, termasuk ruang kuliah yang ada di kampus Unhas Tamalanrea. Setiap ruang ujian diawasi oleh 2 orang pengawas.

“Sehingga total pengawas berjumlah kurang lebih 2.846 orang,” kata Ishaq.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Unhas akan menerima total 7.076 mahasiswa baru. Sebanyak 3.168 orang dari jalur SBMPTN. 

Sebelumnya Unhas telah menerima sebanyak 2.466 orang pada jalur SNMPTN. Dan, selebihnya Unhas akan menjaring 1.442 calon Maba dari jalur Mandiri atau Non Subsidi.