• Card 4 of 30
Ramadan

Kecelakaan Lalu Lintas di Jalur Mudik Turun 30%

Suci Sedya Utami    •    25 Juni 2018 05:47

Sejumlah kendaraan memadati Gerbang Tol Cikarang Utama di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (9/6). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A. Sejumlah kendaraan memadati Gerbang Tol Cikarang Utama di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (9/6). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Jakarta: Kepolisian menyatakan kasus kecelakaan lalu lintas di mudik lebaran 2018 berkurang 30 persen dibanding momen mudik pada tahun lalu. Pencapaian ini tak luput dari kepolisian yang megawasi langsung di lapangan.

Tak hanya itu, polisi juga sudah mempersiapkan simulasi untuk mengurai kemacetan dari mulai menggunakan contraflow hingga one wa yang dilakukan secara bertahap.

"Terjadi penurunan karena upaya kita semua, dan itu arahan dari Pak Presiden langsung," kata Kasi Anev Subdit BPKB Ditragident Korlantas Polri Kompol Melda Sitohang di Posko Mudik Kemenhub, Jakarta Pusat, Minggu, 24 Juni 2018 .

Dia mengatakan pada H+7 tahun lalu ada 364 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan jumlah korban meninggal dunia hingga 473 orang. Tahun ini korban meninggal akibat kecelakaan di jalur mudik menjadi 90 orang.

Begitu juga untuk korban luka berat berkurang dari  308 orang di 2017 menjadi 170 orang di tahun 2018 dan korban luka ringan  berkurang signifikan dari 2.438 orang menjadi 515 orang.

"Ini terjadi penurunan yang sangat signifikan, dan mudah-mudahaan ini karena upaya kita semua bagaimana kerjasama dengan semua stakeholder untuk mempersiapkan," jelas dia.