Kecelakaan Infrastruktur
30cards

Kecelakaan Infrastruktur

Updated 18 April 2018 18:46
  1. Tol Manado-Bitung Ambruk, Kemen PUPR Pertimbangkan Evaluasi Kontraktor
  2. Kata Menteri PUPR Soal Ambruknya Tol Manado-Bitung & Jembatan Cincin Lama
  3. Satu Korban Ambruknya Tol Manado-Bitung Berhasil Dievakuasi
  4. Pengerjaan Tol Manado-Bitung Disebut Sudah Sesuai SOP
  5. Ini Identitas 2 Pekerja Proyek Tol Manado-Bitung yang Tertimbun
  6. Hukuman Konsultan Rusun Pasar Rumput Diperberat
  7. Disnakertrans Bakal Uji Kelaikan Peralatan Kontraktor Pasar Rumput
  8. Menteri PUPR Rekomendasikan Empat BUMN Karya Diberi Sanksi
  9. Sandi Minta Pekerja Proyek Utamakan K3
  10. Polri Bakal Awasi Pembangunan Proyek Infrastruktur
  11. Pemerintah Cabut Moratorium Proyek Jalan Layang
  12. Proyek Konstruksi Layang Dilanjutkan Lagi
  13. Proyek DDT Manggarai-Jatinegara Dilanjutkan dengan Catatan
  14. Meningkatkan Kedisiplinan Pekerja Konstruksi
  15. Ceroboh, Konstruksi Roboh
  16. Tol Trans Sumatera Tetap Jalan Walau Ada Moratorium
  17. Moratorium Proyek Infrastruktur Berdampak Lalin di Tol Jakarta-Cikampek
  18. Waskita Sebut Angin Menjadi Salah Satu Faktor Kecelakaan Konstruksi
  19. Legislator Nilai Moratorium Proyek Elevated Terlambat
  20. Pemerintah Diimbau Bentuk Tim Investigasi Proyek Infrastruktur
  21. Waskita Belum Hitung Kerugian Kecelakaan Kepala Tiang Becakayu
  22. Kementerian PUPR: 36 Proyek Elevated Terhenti
  23. Pembangunan Infrastruktur di DIY tak Terimbas Moratorium
  24. Menhub: Beberapa Proyek Molor Akibat Moratorium Jalan Layang
  25. Proyek Jalan Layang di Sulsel Tetap Jalan
  26. Menkeu: Moratorium Proyek tak Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
  27. PII: Pembangunan Infrastruktur Perlu Kesiapan SDM
  28. Ahli Sebut Insiden Tol Becakayu Akibat Perencanaan Kurang Sempurna
  29. Penjelasan WK Terkait Insiden Proyek Tol Becakayu
  30. Pemerintah Harus Tegur Keras PT Waskita Karya
  • Card 27 of 30
Ekonomi

PII: Pembangunan Infrastruktur Perlu Kesiapan SDM

Ade Hapsari Lestarini    •    21 Februari 2018 11:02

Ilustrasi. (Foto: Antara/Wahyu Putro). Ilustrasi. (Foto: Antara/Wahyu Putro).

Jakarta: Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mencatat telah terjadi 15 kasus kecelakaan konstruksi dalam setahun terakhir. Sebagian di antaranya terjadi pada proyek insfrastruktur nasional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono harus menghentikan sementara alias moratorium semua proyek konstruksi elevated usai insiden robohnya bekisting pier head proyek tol Becakayu.

"Sudah mendesak dilakukan evaluasi dan assesment secara menyeluruh terhadap pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur untuk menjamin seluruh proses pengerjaan proyek memang layak, aman, dan memberi hasil yang terbaik," tegas Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 21 Februari 2018.

Heru menjelaskan beberapa kasus kecelakaan tersebut diakibatkan oleh kegagalan struktur (structural failure). Namun terutamanya diakibatkan oleh kegagalan dalam proses pelaksanaan, khususnya terkait dengan pekerjaan pengangkatan (heavy lifting works) dan pemasangan (erection work).

"Heavy lifting and erection works merupakan bagian dari kegiatan konstruksi yang mengandung risiko sangat tinggi terkait dengan aspek keselamatan (safety)," tambah Heru.

Dia menilai, diperlukan persiapan, kesiapan, dan kelengkapan dari seluruh elemen yang mendukung, seperti peralatan kerja, sistim dan prosedur kerja, serta SDM (operator, rigger, supervisor) yang kompeten.

"Juga perlu pengecekan dan pemantauan secara terus menerus sejak sebelum proses pengangkatan dimulai sampai dengan proses pemasangan diselesaikan," kata dia.




Ironisnya, lanjut dia, dari 7.000 insinyur dengan sertifikat kompetensi profesional bidang teknik sipil saat ini, keahlian khusus yang terkait dengan pekerjaan pengangkatan dan pemasangan benda berat masih sangat kurang.

"Insinyur profesional heavy lifting and erection memang masih sangat kurang, dan bahkan kompetensi tersebut nyaris belum terdaftar di PII. Kita perlu melakukan audit kesiapan SDM untuk program pembangunan infrastruktur nasional," ujar dia.

Penertiban profesi insinyur juga harus dilakukan, hanya yang memiliki kompetensi di bidangnya yang boleh melakukan praktik keinsinyuran tertentu. Hal ini hanya bisa dilaksanakan bila pemerintah segera menerbitkan Peraturan Pemerintah yang telah tertunda lama sebagai tindak lanjut penerbitan UU Keinsinyuran Nomor 11/2014.

"Karena itulah PII mengajukan sejumlah rekomendasi untuk mencegah insiden kegagalan dalam proses konstruksi proyek-proyek infrastruktur," katanya.

Pertama, segera melakukan pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan heavy lifting and erection professional engineer dengan standar kompetensi dan jumlah yang memadai. Kedua, mensyaratkan alokasi heavy lifting and erection professional engineer dan safety cost (biaya keselamatan) secara khusus di dokuman tender proyek-proyek infrastruktur skala besar.

PII juga mengimbau manajemen perusahaan pelaksana proyek infrastruktur untuk memastikan fungsi kerja maupun keandalan alat bantu kerja senantiasa terjaga dengan baik, seperti peralatan berat, perlengkapan penerangan di area kerja sesuai standar kerja, selalu terjaga dalam musim penghujan, alat-alat dioperasikan oleh operator dan para asisten yang kompeten.

"Manajemen harus selalu memperhatikan dengan cermat aspek kompetensi, fisik, dan mental dari setiap tenaga kerja dan tim proyek yang terlibat di dalam pekerjaan heavy lifting and erection," katanya.

Heru pun menekankan tentang pentingnya keberadaan tenaga ahli keselamatan (Safety Engineer) yang kompeten dalam setiap pekerjaan konstruksi. "Kehadiran safety engineer itu vital, apalagi mereka yang telah mengantungi standar kompetensi, untuk tenaga profesional seperti itu manajemen perusahaan juga harus siap memberikan billing rate yang memadai. Safety engineer bukan insinyur kelas dua," tutup Heru.

 

Kecelakaan Infrastruktur
30cards

Kecelakaan Infrastruktur

Updated 18 April 2018 18:46
  1. Tol Manado-Bitung Ambruk, Kemen PUPR Pertimbangkan Evaluasi Kontraktor
  2. Kata Menteri PUPR Soal Ambruknya Tol Manado-Bitung & Jembatan Cincin Lama
  3. Satu Korban Ambruknya Tol Manado-Bitung Berhasil Dievakuasi
  4. Pengerjaan Tol Manado-Bitung Disebut Sudah Sesuai SOP
  5. Ini Identitas 2 Pekerja Proyek Tol Manado-Bitung yang Tertimbun
  6. Hukuman Konsultan Rusun Pasar Rumput Diperberat
  7. Disnakertrans Bakal Uji Kelaikan Peralatan Kontraktor Pasar Rumput
  8. Menteri PUPR Rekomendasikan Empat BUMN Karya Diberi Sanksi
  9. Sandi Minta Pekerja Proyek Utamakan K3
  10. Polri Bakal Awasi Pembangunan Proyek Infrastruktur
  11. Pemerintah Cabut Moratorium Proyek Jalan Layang
  12. Proyek Konstruksi Layang Dilanjutkan Lagi
  13. Proyek DDT Manggarai-Jatinegara Dilanjutkan dengan Catatan
  14. Meningkatkan Kedisiplinan Pekerja Konstruksi
  15. Ceroboh, Konstruksi Roboh
  16. Tol Trans Sumatera Tetap Jalan Walau Ada Moratorium
  17. Moratorium Proyek Infrastruktur Berdampak Lalin di Tol Jakarta-Cikampek
  18. Waskita Sebut Angin Menjadi Salah Satu Faktor Kecelakaan Konstruksi
  19. Legislator Nilai Moratorium Proyek Elevated Terlambat
  20. Pemerintah Diimbau Bentuk Tim Investigasi Proyek Infrastruktur
  21. Waskita Belum Hitung Kerugian Kecelakaan Kepala Tiang Becakayu
  22. Kementerian PUPR: 36 Proyek Elevated Terhenti
  23. Pembangunan Infrastruktur di DIY tak Terimbas Moratorium
  24. Menhub: Beberapa Proyek Molor Akibat Moratorium Jalan Layang
  25. Proyek Jalan Layang di Sulsel Tetap Jalan
  26. Menkeu: Moratorium Proyek tak Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
  27. PII: Pembangunan Infrastruktur Perlu Kesiapan SDM
  28. Ahli Sebut Insiden Tol Becakayu Akibat Perencanaan Kurang Sempurna
  29. Penjelasan WK Terkait Insiden Proyek Tol Becakayu
  30. Pemerintah Harus Tegur Keras PT Waskita Karya