Kecelakaan Infrastruktur
30cards

Kecelakaan Infrastruktur

Updated 18 April 2018 18:46
  1. Tol Manado-Bitung Ambruk, Kemen PUPR Pertimbangkan Evaluasi Kontraktor
  2. Kata Menteri PUPR Soal Ambruknya Tol Manado-Bitung & Jembatan Cincin Lama
  3. Satu Korban Ambruknya Tol Manado-Bitung Berhasil Dievakuasi
  4. Pengerjaan Tol Manado-Bitung Disebut Sudah Sesuai SOP
  5. Ini Identitas 2 Pekerja Proyek Tol Manado-Bitung yang Tertimbun
  6. Hukuman Konsultan Rusun Pasar Rumput Diperberat
  7. Disnakertrans Bakal Uji Kelaikan Peralatan Kontraktor Pasar Rumput
  8. Menteri PUPR Rekomendasikan Empat BUMN Karya Diberi Sanksi
  9. Sandi Minta Pekerja Proyek Utamakan K3
  10. Polri Bakal Awasi Pembangunan Proyek Infrastruktur
  11. Pemerintah Cabut Moratorium Proyek Jalan Layang
  12. Proyek Konstruksi Layang Dilanjutkan Lagi
  13. Proyek DDT Manggarai-Jatinegara Dilanjutkan dengan Catatan
  14. Meningkatkan Kedisiplinan Pekerja Konstruksi
  15. Ceroboh, Konstruksi Roboh
  16. Tol Trans Sumatera Tetap Jalan Walau Ada Moratorium
  17. Moratorium Proyek Infrastruktur Berdampak Lalin di Tol Jakarta-Cikampek
  18. Waskita Sebut Angin Menjadi Salah Satu Faktor Kecelakaan Konstruksi
  19. Legislator Nilai Moratorium Proyek Elevated Terlambat
  20. Pemerintah Diimbau Bentuk Tim Investigasi Proyek Infrastruktur
  21. Waskita Belum Hitung Kerugian Kecelakaan Kepala Tiang Becakayu
  22. Kementerian PUPR: 36 Proyek Elevated Terhenti
  23. Pembangunan Infrastruktur di DIY tak Terimbas Moratorium
  24. Menhub: Beberapa Proyek Molor Akibat Moratorium Jalan Layang
  25. Proyek Jalan Layang di Sulsel Tetap Jalan
  26. Menkeu: Moratorium Proyek tak Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
  27. PII: Pembangunan Infrastruktur Perlu Kesiapan SDM
  28. Ahli Sebut Insiden Tol Becakayu Akibat Perencanaan Kurang Sempurna
  29. Penjelasan WK Terkait Insiden Proyek Tol Becakayu
  30. Pemerintah Harus Tegur Keras PT Waskita Karya
  • Card 18 of 30
Nasional

Waskita Sebut Angin Menjadi Salah Satu Faktor Kecelakaan Konstruksi

Ilham wibowo    •    23 Februari 2018 09:21

Warga melihat tiang girder Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang ambruk di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur.  MI Pius Erlangga Warga melihat tiang girder Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang ambruk di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur. MI Pius Erlangga

Jakarta: Direktur Operasi II Waskita Karya Nyoman Wirya Adnyana mengungkapkan, pihaknya terus berbenah untuk memastikan aspek keselamatan diterapkan dalam pengerjaan proyek infrastruktur nasional. Evaluasi dan saran dari Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun telah dilakukan. 

BUMN Karya menjadi sorotan publik lantaran rentetan insiden keselamatan kerja sejak tujuh bulan terkahir. Satu di antara insiden tersebut yakni ambruknya pengerjaan jembatan Tol Bocimi di Kampung Tenggek, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor pada Jumat, 22 September 2017. Seorang pekerja tewas sementara dua lainnya mengalami luka berat. 

Nyoman mengakui insiden pada konstruksi jalan layang tersebut terjadi lantaran adanya kelalaian yang dilakukan pengawas pada saat pemasangan girder. Kecepatan angin, kata dia, belum dimasukan dalam daftar standar oprasional faktor keselamatan. 

"Ada faktor-faktor yang selama ini lalai, misalnya kecepatan angin," kata Nyoman di Forum Merdeka Barat 9, Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis 22 Februari 2018. 

Ia menjelaskan, konstruksi jembatan tol Bocimi tersebut menggunakan girder non-standar yang tetap menjamin kekokohan bangunan. Dengan desain yang lebih ramping ini, pemasangannya perlu ketelitian yang tinggi. 

Pada saat kejadian, kata dia, girder yang telah terpasang pada tiang perlu dikencangkan. Namun, tiba-tiba girder mengalami sedikit pergerakan yang membuat seluruh konstruksi girder patah. 

"Bocimi ini kejadian, (gilder) sudah duduk tapi kalau dia tidak sentris sedikit saja, dia sangat rentan (ambruk)," ulas dia.

Kondisi kecepatan angin pun telah menjadi evaluasi untuk dimasukan dalam daftar faktor keselamatan kerja. Seluruh pekerja telah diingatkan agar tetap berhati-hati meski telah  ratusan kali melakukan pemasangan girder terebut. 

"Nah untuk girder non-standar ini lebih sensitif terhadap angin, kecepatan tidak boleh 30 km/jam. Seandainya lebih ya tidak boleh dilakukan erection (penngancangan girder)," tandas dia. 

Kecelakaan Infrastruktur
30cards

Kecelakaan Infrastruktur

Updated 18 April 2018 18:46
  1. Tol Manado-Bitung Ambruk, Kemen PUPR Pertimbangkan Evaluasi Kontraktor
  2. Kata Menteri PUPR Soal Ambruknya Tol Manado-Bitung & Jembatan Cincin Lama
  3. Satu Korban Ambruknya Tol Manado-Bitung Berhasil Dievakuasi
  4. Pengerjaan Tol Manado-Bitung Disebut Sudah Sesuai SOP
  5. Ini Identitas 2 Pekerja Proyek Tol Manado-Bitung yang Tertimbun
  6. Hukuman Konsultan Rusun Pasar Rumput Diperberat
  7. Disnakertrans Bakal Uji Kelaikan Peralatan Kontraktor Pasar Rumput
  8. Menteri PUPR Rekomendasikan Empat BUMN Karya Diberi Sanksi
  9. Sandi Minta Pekerja Proyek Utamakan K3
  10. Polri Bakal Awasi Pembangunan Proyek Infrastruktur
  11. Pemerintah Cabut Moratorium Proyek Jalan Layang
  12. Proyek Konstruksi Layang Dilanjutkan Lagi
  13. Proyek DDT Manggarai-Jatinegara Dilanjutkan dengan Catatan
  14. Meningkatkan Kedisiplinan Pekerja Konstruksi
  15. Ceroboh, Konstruksi Roboh
  16. Tol Trans Sumatera Tetap Jalan Walau Ada Moratorium
  17. Moratorium Proyek Infrastruktur Berdampak Lalin di Tol Jakarta-Cikampek
  18. Waskita Sebut Angin Menjadi Salah Satu Faktor Kecelakaan Konstruksi
  19. Legislator Nilai Moratorium Proyek Elevated Terlambat
  20. Pemerintah Diimbau Bentuk Tim Investigasi Proyek Infrastruktur
  21. Waskita Belum Hitung Kerugian Kecelakaan Kepala Tiang Becakayu
  22. Kementerian PUPR: 36 Proyek Elevated Terhenti
  23. Pembangunan Infrastruktur di DIY tak Terimbas Moratorium
  24. Menhub: Beberapa Proyek Molor Akibat Moratorium Jalan Layang
  25. Proyek Jalan Layang di Sulsel Tetap Jalan
  26. Menkeu: Moratorium Proyek tak Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi
  27. PII: Pembangunan Infrastruktur Perlu Kesiapan SDM
  28. Ahli Sebut Insiden Tol Becakayu Akibat Perencanaan Kurang Sempurna
  29. Penjelasan WK Terkait Insiden Proyek Tol Becakayu
  30. Pemerintah Harus Tegur Keras PT Waskita Karya