• Card 13 of 30
Nasional

Pencopotan Kepala Dinas tak Pengaruhi Program Berjalan

Nur Azizah    •    11 Juni 2018 14:33

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Agustino Darmawan dari jabatan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) DKI Jakarta. Namun, keputusan itu dipastikan tidak akan memengaruhi semua program yang sudah berjalan.
 
Posisi Agustino digantikan Kepala Bidang Pembinaan, Penertiban, dan Peran Serta Masyarakat Disperkim DKI Jakarta Melly Budiastuti. Melly ditunjuk sebagai pejabat pelaksana tugas sejak Jumat 8 Juni hingga 21 Juni 2018.
 
"Saya tahunya dari media. Itu kan kewenangan Pak Gubernur ya. Kalau saya baca dari media itu enggak ada pelantikan, kan baru plt (pelaksana tugas)," kata Melly saat dihubungi, Jakarta Pusat, Senin, 11 Juni 2018.
 
Melly mengaku belum mendapat arahan dari Anies. Kendati begitu, ia akan menjalankan seluruh program yang sudah ada.
 
"Program itu dari instansi dan tidak dibatasi dengan jabatan seseorang. Ya, jadi melanjutkan apa yang sudah dirintis Pak Agustino," kata dia.
 
Melly akan memprioritaskan program-program unggulan milik gubernur, semisal hunian DP Rp0. "Iya pasti. Itu namanya program gubernur pasti kita laksanakan. Berdasarkan program dan arahan beliau," imbuhnya.
 
Tak hanya itu, Melly akan meneruskan program rumah susun. Saat ini, dirinya sedang memikirkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di rusun.
 
"Nanti kita publikasi rusun-rusun yang siap huni. Nanti kita siapkan kegiatan apa yang akan dilaksanakan. Mengikuti tahapan yang sudah ada saja," ujarnya.
 
Jumat 8 Juni 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot tiga pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Ketiga pejabat itu ialah Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat DKI Jakarta Agustino Darmawan, Kepala Dinas Pendidikan DKI Sophan Adriyanto, dan Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Indrastuty Rosari Okita.

Baca: Kadis Diminta Cakap `Jual` Rumah DP Rp0

Saat dikonfirmasi, Anies tak menjawab banyak. Ia mengatakan pencopotan hal lumrah dan itu untuk penyegaran.
 
"Oh iya, ini bagian dari fase penyegaran untuk rotasi para pejabat Pemprov DKI," kata Anies di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu 10 Juni 2018.
 
Anies mengatakan pejabat yang saat ini mengisi tiga posisi itu menjabat sebagai plt. Anies bakal membuka seleksi untuk tiga posisi itu usai Lebaran.
 
"Yang sekarang menjadi pejabat statusnya adalah plt sampai proses seleksi dengan pansel berjalan tuntas. Jadi pada fase ini belum ada pejabat definitif," terang dia.
 
Mantan Menteri Pendidikan RI ini enggan memerinci alasan pencopotan ketiga kadis itu. Ia mengatakan rotasi merupakan siklus jabatan.
 
"Memang siklusnya. Kita belum bisa umumkan karena memang belum definitif. Kalau sudah definitif baru ada pelantikan. Kalau plt emang tidak pernah ada pelantikan," jelasnya.