• Card 1 of 30
Nasional

Gerindra tak Ambil Pusing Pernyataan Zulhas

Fachri Audhia Hafiez    •    12 April 2018 08:00

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Medcom.id/ Fachri Audhia Hafiez Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Medcom.id/ Fachri Audhia Hafiez

Jakarta: Partai Gerindra santai menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) terkait belum memastikan mengusung Prabowo Subianto. Hal itu lantaran masing-masing partai punya mekanisme internal.

"Tentu saya kira baik PAN dan setiap partai pasti punya mekanisme internal untuk melakukan sebuah pengambilan sebuah keputusan," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon di kawasan Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 11 April 2018.

Fadli mengatakan, Gerindra akan menunggu keputusan dari masing-masing partai yang mengklaim bakal mendukung Prabowo sebagai capres 2019. Di antaranya, PAN dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Usai menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas), Fadli optimistis akan ada pembicaraan antar partai pendukung. 

"Saya kira setelah ini kita akan menunggu dan akan mengkomunikasikan (antar partai). Supaya duduk bersama mengambil keputusan. Apalagi inikan baru dari sisi Partai Gerindra," tutur Fadli.

Baca: PAN Belum Tentu Usung Prabowo

Fadli menjelaskan, seperti keputusan Prabowo sebagai capres dari Gerindra yang tidak bisa diputuskan sendiri. Ada prosedur partai yang harus ditempuh. Termasuk, keputusan partai pendukung untuk mengusung Prabowo.

"Di Gerindra sendiri bahwa capres itu dari dewan pembina sekalipun, harus melalui rapimnas. Ini tadinya rakornas tapi kami setarakan menjadi rapimnas," ujar Fadli.

Diberitakan, Zulhas belum memastikan bakal mengusung Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Prabowo yang menyatakan siap maju tak membuat Zulhas langsung mengiyakan. Meski dalam pidato pada Rakernas Ketua Umum Gerindra itu, menyebut PKS dan PAN.

"PAN belum memutuskan (berkoalisi dengan Gerindra). Kami menggagas koalisi nasional dan berkualitas yang menjamin dan merajut kembali merah putih," tegas Zulkifli Hasan.