• Card 1 of 30
Nasional

Deklarasi Prabowo Capres Diagendakan di Banyumas

Fachri Audhia Hafiez    •    11 April 2018 17:27

 Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono/Medcom.id/Fachri Audia Hafiez Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono/Medcom.id/Fachri Audia Hafiez

Bogor: Deklarasi capres usungan Partai Gerindra akan dilakukan di Banyumas, Jawa Tengah. Pengumuman resmi Ketum Gerindra itu dilaksanakan setelah mendapatkan nama cawapres.

Pernyataan Prabowo siap maju tak membuat Gerindra buru-buru soal deklarasi. Terlebih, dua parpol yang menghadiri Rakernas Gerindra, PKS dan PAN, belum memberikan dukungan resmi hitam di atas putih.

"Setelah Gerindra, PKS dan PAN mengeluarkan surat rekomendasi capres dan cawapres, baru deklarasi. Jadi deklarasi sekarang buat apa?" kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono di kawasan Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 11 April 2018.

Baca: PAN Belum Tentu Usung Prabowo

Arief menegaskan rapat yang rencananya digelar malam nanti hanya untuk konsolidasi internal. Mereka juga bakal memberi mandat kepada Prabowo untuk masuk gelanggang pada Pilpres 2019.

"Karena dari internal Gerindra sudah tiga tahun yang lalu kita meminta dan memberikan mandat ke Pak Prabowo untuk maju sebagai presiden. Dan mandat itu tidak pernah dicabut, sampai hari ini," tegas Arief.

Sebelumnya, Prabowo menyatakan siap maju pada Pilpres 2019. Ia akan menjalankan perintah partai. Apalagi, PKS dan PAN diklaim mendukung.

Baca: Prabowo Siap Maju pada Pilpres 2019

Sayangnya, PAN menyatakan belum tentu mengusung Prabowo. Kehadiran Ketum PAN Zulkifli Hasan pada Rakernas Gerindra tak bisa serta merta diartikan sebagai kesediaan mengusung.

"PAN belum memutuskan (berkoalisi dengan Gerindra). Kami menggagas koalisi nasional dan berkualitas yang menjamin dan merajut kembali merah putih," tegas Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 11 April 2018.