• Card 1 of 30
Nasional

Pertemuan Luhut dan Prabowo Dinilai Wajar

Achmad Zulfikar Fazli    •    10 April 2018 06:26

Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat). Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat).

Jakarta: Pertemuan antara politikus Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dinilai wajar. Apalagi, keduanya juga merupakan purnawirawan TNI.

"Pertemuan Pak Prabowo (dan) Pak Luhut karena beliau berdua dari TNI dan dari kesatuan yang sama ya artinya pertemuan biasa saja," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 9 April 2018.

Luhut dan Prabowo bertemu di sebuah restoran Jepang, Sumire, Hotel Grand Hyatt, Jakarta pada Jumat, 6 April 2018. Airlangga memastikan pertemuan itu tak melibatkan Golkar. Ia pun tak menitipkan pesan khusus ke Prabowo.

"Itu pertemuan pribadi. Tidak ada," ucap Menteri Perindustrian itu.

Sementara itu, Koordinator bidang Kelembagaan Eksekutif dan Legislatif DPP Golkar Idrus Marham menilai pertemuan Luhut dan Prabowo sebatas komunikasi sesama anak bangsa. Ia menilai komunikasi keduanya sangat baik meski berbeda sikap politik.

"Kan tidak ada larangan ketemu, satu visi atau tidak satu visi, satu koalisi atau tidak satu koalisi. Negara ini rusak kalau kita hanya berkomunikasi dengan satu koalisi," ujar Idrus.

Ia yakin pertemuan itu tidak membahas lobi-lobi politik. "Itu saya enggak mau ikut campur. Tapi ketemu kan enggak harus berkoalisi," kata Idrus.