• Card 1 of 30
Bali-Nusa

Jusuf Kalla Simpati Melihat Kondisi Pengungsi Gunung Agung

Raiza Andini    •    30 Desember 2017 13:13

 Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi pengungsi Gunung Agung di Pos Pengungsian Unit Pelayanan Teknis (UPT) Rendang, Desa Rendang, Karangasem, Sabtu 30 Desember 2017 . Medcom.id/Raiza Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi pengungsi Gunung Agung di Pos Pengungsian Unit Pelayanan Teknis (UPT) Rendang, Desa Rendang, Karangasem, Sabtu 30 Desember 2017 . Medcom.id/Raiza

Karangasem: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengunjungi pengungsi Gunung Agung di Pos Pengungsian Unit Pelayanan Teknis (UPT) Rendang, Desa Rendang, Karangasem, Sabtu 30 Desember 2017 siang. Kalla mengaku simpati dan prihatin atas warga yang terdampak erupsi Gunung Agung.

Pantauan Medcom.id, Kalla bersama rombongan disambut antusias oleh para pengungsi. Dalam sambutannya, Kalla meminta para pengungsi tidak patah semangat dan banyak berdoa. Hal itu agar musibah erupsi Gunung Agung cepat selesai, sehingga masyarakat bisa kembali ke rumah masing-masing.

"Tahun baru ini mudah-mudahan memberikan suasana yang lebih baik untuk kita, saya tentu merasa simpati merasa sedih bahwa akibat letusan Gunung Agung kalian terpaksa bersekolah di sini, tidur di sini, ibu bapak sekalian tentu mengalami kesulitan-kesulitan tapi itu cobaan dari Tuhan mari kita berdoa semua agar ini segera selesai," ujar Kalla di wantilan pengungsian Gunung Agung UPT Rendang, Karangasem.

Pihaknya mendoakan semua pengungsi Gunung Agung bisa tabah menghadapi cobaan karena rumahnya berada pada radius zona bahaya 8 kilometer dengan perluasan sektoral 10 kilometer dari timur, timur laut, utara, selatan dan barat dari puncak Gunung Agung.

"Saya  juga ingin menyampaikan sama-sama kita selamat tahun baru," ungkap Kalla.

Kalla juga memberi semangat terhadap anak-anak pengungsi harus belajar di tenda pengungsian dan pindah sekolah akibat bencana erupsi Gunung Agung. Dia pun memberi semangat kepada anak-anak untuk tetap melanjutkan sekolah meski harus belajar di tenda pengungsian.

"Kita harus menjaga agar tetap sekolah, tetap sekolah ya kalian semua," ujar Kalla di hadapan anak-anak.

Anak-anaknya pun menyambutnya dengan antusias dan berjanji akan melanjutkan sekolah meski kondisinya di tenda pengungsian, "Iyaaaa," teriak anak-anak.

Jusuf Kalla pun meminta anak-anak untuk tidak putus sekolah atau bolos. Wapres menginginkan anak-anak pengungsi dapat melanjutkan kegiatan belajar dengan baik di sekolah baru mereka.

"Jangan ada yang absen jangan ada bolos, yang pramuka tetap pramuka. Insyaallah segera tidak lama lagi kalau sudah baik kembali ke kampung masing-masing," ujar Kalla.

Sebelumnya Kalla juga sempat mengunjungi Posko Komando Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali. Disitu Kalla memantau kesiapan logisitik para pengungsi Gunung Agung.

Dalam kunjungan itu, Kalla didampingi Bupati Karangasem Mas Sumantri, Wabup Karangasem I Wayan Arta Dipa, Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, I Putu Widiada, dan pejabat terkait lainnya.