• Card 1 of 30
Bali-Nusa

Gunung Agung Kembali Erupsi

Gede Ruta Suryana    •    13 Juni 2018 16:43

(Foto: Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho) (Foto: Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho)

Karangasem: Gunung Agung, di Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, kembali erupsi dengan ketinggian kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak gunung, Rabu 13 Juni 2018, sekitar pukul 11.05 WITA. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke barat daya dan barat. 

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi sekitar 2menit 12 detik," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG,  Wawan Irawan saat dikonfirmasi, Rabu.

Hingga kini, status gunung tertinggi di Pulau Dewata itu masih berstatus siaga (level III). Warga direkomendasikan untuk tidak beraktivitas di radius 4 kilometer dari puncak gunung. 

Dia melanjutkan, zona perkiraan bahaya bersifat dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan gunung.

"Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung diminta waspada aliran lahar hujan yang bisa terjadi pada musim hujan jika material erupsi terpapar di area puncak gunung," tandasnya.