• Card 1 of 30
Bali-Nusa

Pengungsi Gunung Agung Dipulangkan Per Hari Ini

Raiza Andini    •    10 Februari 2018 12:14

Pengungsi Gunung Agung DesaRendang. (Medcom.id/Raiza Andini) Pengungsi Gunung Agung DesaRendang. (Medcom.id/Raiza Andini)

Karangasem: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, telah menurunkan status Gunung Agung dari level IV atau awas menjadi level III atau siaga. Selanjutnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Kabupaten Karangasem akan memulangkan para pengungsi ke kediamannya masing-masing mulai hari ini.

Ketua BNPB Willem Rampangiley menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali serta BPBD Kabupaten Karangasem dan Pemkab Karangasem untuk segera memulangkan pengungsi.

“Tadi sudah dijelaskan oleh pak menteri tentang status gunungnya dari awas ke siaga dari radius enam ke empat kilometer. Nah tugas kami pemerintah pusat, dalam hal ini dengan BPBD Provinsi dan Pemerintah Kabupaten me-manage bagaimana saudara-saudara kita mengungsi ke kampng halamannya masing-masing,” ungkap Willem di Pos Pantau Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Sabtu 10 Februari 2018.

BNPB memberikan waktu selama dua pekan mulai hari ini kepada pengungsi Gunung Agung, untuk melakukan persiapan lebih dulu seperti membersihkan rumah. Sebelum nantinya kembali ke kediaman mereka masing-masing. Dia melanjutkan, petugas BNPB bakal membantu warga saat kembali ke kediaman masing-masing beserta perabot rumah tangga yang turut dibawa waktu mengungsi. 

“Bagi penduduk yang rumahnya sudah siap untuk ditempati kembali, ya bisa kembali,” terangnya.

Meski sudah tidak ada pengungsi di posko-posko pengungsian, BNPB masih bersiap siaga di pos pengungsian untuk mengantisipasi bahaya erupsi yang datang secara mendadak dan harus mengevakuasi warga kembali.

“Aktivitas tetap karena sehubungan dengan status siaga tadi kita tidak kendor dengan kesiapsiagaan,” katanya.

Willem menambahkan, Jika ada warga yang belum mau pulang ke kediamannya karena takut ancaman erupsi kembali datang, BNPB akan mensosialisasikan ke seluruh masyarakat bahwa ancaman bahaya dari puncak Gunung Agung telah diturunkan. 

“Kita akan sosialisasi via WA (WhatsApp) dan langsung kepada masyarkaat bahwa saat ini gunungnya sudah aman dan bisa kembali, situasi aman terkendali,” imbuhnya.