• Card 1 of 30
Pilkada

Bakal Calon Bisa Diganti Jika tak Lolos Tes Kesehatan

Jaenal Mutakin    •    11 Januari 2018 17:52

Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq -- Medcom.id/Jaenal Mutakin Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq -- Medcom.id/Jaenal Mutakin

Bandung: Hasil pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat akan diserahkan tim pemeriksa kesehatan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar pada Selasa, 16 Januari 2018. Bagi bakal calon yang tidak lolos pemeriksaan kesehatan, posisinya dapat digantikan.

"Bedasarkan undang-undang dan peraturan KPU, jika salah satu tidak memenuhi syarat kesehatan maka calon bisa diganti," kata Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Kamis, 11 Januari 2018.

Endun menjelaskan, penggantian bakal calon diserahkan kepada partai pengusung. "Untuk saat ini, kita tunggu saja hasil pemeriksaan kesehatan," lanjutnya.

Hari ini, empat pasangan bakal cagub dan cawagub Jabar menjalani tes kesehatan di RSHS Bandung. Masing-masing adalah Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM), Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik), dan T.B. Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah).

Para calon menjalani tes darah dan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN). Mereka juga menjalani tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) yang dilakukan sejumlah dokter spesialis dari RSHS Bandung. Terakhir, psikotes oleh oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).