• Card 1 of 30
Nasional

Sandi Minta BUMD Beli Hasil Produksi Pertanian Kota

Nur Azizah    •    28 Desember 2017 11:18

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Nur Azizah/Medcom.id Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Nur Azizah/Medcom.id

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meminta BUMD membeli hasil pertanian kota dari Gang Hijau, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Gang Hijau memproduksi hasil pertanian mulai dari selada, pokcoi, cabai, sawi, mangga, labu hingga anggur.

Saat ini seluruh hasil pertanian masih dikonsumsi sendiri. Namun, Sandi meminta agar masyarakat menjual sayur dan buah-buahan tersebut.

"Nanti kita pastikan setiap BUMD untuk membeli hasil pertanian ini kalau ada surplus," kata Sandi di Gang Hijau, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Desember 2018.

Upaya tersebut untuk menyerap hasil pertanian yang berlebih. "Kita akan take over supaya mereka enggak was-was. Jadi enggak ada yang terbuang," imbuhnya.

Dewan Pembina Partai Gerindra ini menuturkan, kehadiran Gang Hijau dapat membuka lapangan kerja baru. Gang Hijau juga membantu menstabilkan harga sayur dan buah-buahan di pasar. 

"Selain itu, lahir ruang terbuka hijau. Kalau harga cabai naik bisa petik sendiri," ujarnya.  

Gang Hijau dibentuk di bawah pembinaan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta. Dinas bakal menambah 150 titik Gang Hijau pada tahun 2018.