• Card 10 of 30
Nasional

Anies jadi Ketua BKSP Jabodetabekjur

Nur Azizah    •    08 Januari 2018 11:22

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemban amanah baru sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur) - Medcom.id/Nur Azizah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemban amanah baru sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur) - Medcom.id/Nur Azizah.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemban amanah baru sebagai Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur). Baru menjabat, Anies langsung bekerja cepat. 

Mantan Menteri Pendidikan itu meminta pejabat sekretariat BKSP Jabodetabekjur menyusun laporan pertanggungjawaban administrasi keuangan dengan baik. Terutama yang bersumber dari belanja hibah APBD Provinsi DKI Jakarta Jawa Barat dan Banten. 

"Kami juga ingin pejabat BKSP Jabodetabekjur dan jajarannya proaktif meningkatkan profesionalisme menjalin komunikasi dan kemitraan dengan para pejabat pemerintah dan kepala daerah kabupaten kota se-Jabodetabekjur," kata Anies di Kantor Gubernur Banten, Serang, Senin, 8 Januari 2018. 

Anies meminta Jabodetabekjur segera merealisasikan revitalisasi kelembagaan BKSP Jabodetabekjur. Hal ini dianggap perlu untuk meningkatkan intensitas kerja sama pembangunan di provinsi kabupaten dan kota se-Jabodetabekjur. 

Dia menuturkan misi BKSP Jabodetabekjur meliputi dua aspek yaitu aspek pemerintahan dan sosial ekonomi.  Dari sisi aspek pemerintahan, BKSP dituntut untuk mampu meningkatkan pembangunan di wilayah Jabodetabekjur.

"Sementara dari sisi aspek sosial ekonomi diharapkan peran BKSP Jabodetabekjur dapat menunjang perekonomian daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui bidang agribisnis, koperasi, dan usaha kecil menengah industri kreatif serta perdagangan," terang Anies. 

Sebelumnya, Ketua BKSP Jabodetabekjur dijabat oleh Gubernur Banten Wahidin Halim. Pergantian jabatan Ketua Jabodetabekjur dilakukan setiap tiga tahun sekali kepada gubernur yang membawahkan wilayah Jabodetabekjur. 

BKSP Jabodetabekjur dibentuk berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 13 tahun 1976 tentang Pengembangan Wilayah Jabotabek. Lembaga ini diharapkan bisa merumuskan kebijakan pembangunan bersama Jabodetabekjur secara konsisten.

Serah terima jabatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Jakarta Saefullah, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, dan sejumlah perwakilan dari Jabodetabekjur.