• Card 1 of 30
Nasional

Anies Ingin BKSP Jabodetabekjur Fokus di Lingkungan Hidup

Nur Azizah    •    08 Januari 2018 15:35

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah

Jakarta: Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekjur Anies Baswedan ingin organisasi yang ia pimpin fokus ke masalah transportasi dan komoditas. Tak kalah penting terkait lingkungan hidup, misalnya pengelolaan air.

Anies mengatakan pengelolaan air masih menjadi masalah serius di Jabodetabekjur. Sebab, banyak sungai yang menghubungkan antarprovinsi.

"Misalnya sungai masuk dari Tangerang keluar di Jakarta Barat, nanti keluar ke Tangerang Selatan masuk Jakarta Barat lagi," kata Anies di kantor Gubernur Banten, Serang, Senin, 8 Januari 2018.

Mantan Menteri Pendidikan RI itu melanjutkan pengelolaan air tidak bisa diurusi hanya satu wilayah. Bila tidak ada koordinasi antarwilayah maka tidak akan ada solusi yang dilahirkan.

"Kalau kita hanya mengelola berdasarkan ego kewilayahan, hanya mengurusi wilayahnya sendiri tanpa koordinasi dengan yang lain, maka terobosan yang dilakukan tidak memiliki dampak yang diharapkan," ujar dia.

Anies mengaku bakal mengaktifkan kembali BKSP Jabodetabekjur yang sempat vakum. Ia berniat mengadakan pertemuan rutin bersama kepala-kepala provinsi maupun kabupaten.

"Intinya, sekretariatnya akan dibuat aktif. Nah, kalau nanti sekretariatnya aktif insyaallah kegiatannya bisa banyak," kata dia.