• Card 1 of 30
Pilkada

Sudirman Said Bisa Jegal Ganjar di Pilgub Jateng

M Sholahadhin Azhar    •    11 Januari 2018 07:07

Sudirman Said. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani Sudirman Said. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

Jakarta: Sudirman Said menjadi salah satu pesaing Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilkada serentak 2018.  Mantan Menteri ESDM itu bahkan bakal menjadi saingan berat Ganjar dalam mendulang suara.

"Lawannya Ganjar bukan nama kecil, Sudirman Said punya track record sebagai aktivis anti korupsi, di saat yang sama juga dia menteri. Dan saat yang sama pula clear kalau kita lihat narasi kampanye sudirman, itu narasi yang seolah menyerang Ganjar, terutama isu yang sampai kini belum terbukti," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di program Prime Talk, Rabu, 10 Januari 2018.

Atas dasar itu, Burhanuddin meramalkan enam bulan ke depan terjadi kontestasi yang menarik di Jawa Tengah. Dalam jangka waktu itu strategi kampanye setiap para calon akan terlihat mampu mendongkrak masing-masing elektabilitasnya apa tidak.

Ganjar Pranowo menanggapi paparan Burhan tentang Sudirman. Menurut dia, Sudirman memiliki kredibilitas bagus, namun tetap masyarakat yang akan menentukan. Apakah memilih orangnya, program atau gaya kepemimpinan dari calon-calon Gubernur di Jawa Tengah.

Politikus PDI Perjuangan ini juga menggarisbawahi soal isu KTP-el yang sudah mulai dihembuskan. Menurut dia, tudingan itu belum bisa membuktikan keterkaitan dirinya dengan megakorupsi yang rugikan uang negara hingga Rp2,3 trilun tersebut. 

Ganjar lantas membeberkan bagaimana kerja konkret memberantas korupsi di Jawa Tengah, misalnya saat memergoki pungutan liar di jembatan timbang. "Orang berharap pada saya melakukan tindakan lebih. Maka di samsat, di penerimaan CPNS kita selesaikan semua," ucapnya.

Ganjar mengklaim, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi mitra pertama Pemprov Jateng untuk bersih-bersih. Dampaknya di 2015 Jawa Tengah menerima penghargaan sebagai pelapor gratifikasi terbanyak.

"Soal agenda pemberantasan kasus korupsi, silahkan cek di Jawa Tengah hari ini. Di dalam kendali saya," tandasnya.