• Card 1 of 30
Pilkada

Pasangan Pilgub Jatim Jalani Tes Psikiatri

Antara    •    11 Januari 2018 15:43

ilustrasi Medcom.id ilustrasi Medcom.id

Surabaya: Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur mengikuti tes psikiatri. Tes merupakan cabang khusus dari kesehatan yang melibatkan pemahaman, penilaian, diagnosis, perawatan, serta pencegahan gangguan kejiwaan di RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis.

"Hari ini adalah hari pertama pemeriksaan kepada para calon," ujar Direktur RSUD dr Soetomo, Harsono di Graha Amerta kompleks RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis 11 Januari 2018.

Menurut dia, tes psikiatri diperlukan untuk mengetahui tentang faktor kejiwaan kandidat, termasuk mengukur tingkat kecurigaan berlebihan atau paranoid hingga keagresifan individu. Selain psikiatri, kata dia, pada hari pertama juga dilakukan pemeriksaan "MMPI" (Minnesota Multiphasic Personality Inventory), untuk memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat.

"Di akhir tahapan pemeriksaan juga dilakukan wawancara terhadap para calon, kemudian para kandidat bisa pulang karena selesai untuk hari pertama," ucapnya.

Sedangkan, untuk pemeriksaan kesehatan pada hari kedua, 12 Januari 2018, para kandidat akan mengikuti pemeriksaan yang meliputi tes medis atau fisik, tes bebas narkotika beserta tes psikologi.

Kandidat yang pertama kali datang adalah Bacawagub Emil Dardak yakni pada pukul 07.00 WIB, kemudian disusul Bacagub Khofifah Indar Parawansa 15 menit kemudian.

Sebelum naik ke ruang pemeriksaan di lantai 1, Emil sempat menunggu Khofifah di lantai dasar untuk kemudian bersama naik ke ruangan.

Kemudian, pukul 07.30 WIB giliran Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang datang bersamaan dengan pasangannya, Puti Guntur Soekarno yang menumpang dua mobil berbeda.

Proses tes psikiatri berjalan tertutup dan wartawan tak diperbolehkan mengambil gambar jalannya pemeriksaan kesehatan.