• Card 1 of 30
Jawa Timur

Tak Ada TPS Khusus Pengungsi Syiah di Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    14 Februari 2018 19:05

Ketua KPUD Sidoarjo M Zaenal Abidin, Medcom.id - Hadi Ketua KPUD Sidoarjo M Zaenal Abidin, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Warga Syiah yang mengungsi di Rumah Susun Jemundo, Taman Sidoarjo, Jawa Timur, tak bisa menggunakan hak pilih mereka di tempat tinggal mereka. Sebab KPU tak menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus mereka. 

Sejak Juli 2013, mereka pindah dari Sampang akibat konflik antarwarga. Mereka pun mengungsi ke Rumah Susun (Rusun) Jemundo Sidoarjo. Data terakhir dari KPU menyebutkan 210 orang di Rusun Jemundo memiliki hak suara dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jatim 2018.

Namun, kata Ketua KPU Sidoarjo M Zaenal Abidin, mereka tak bisa menggunakan hak suara mereka di kabupaten tersebut. Keputusan itu berdasarkan hasil rapat dengan KPU RI dan KPU Jatim.

"Rapat memutuskan tak ada TPS khusus mereka," ujar Zaenal di Sidoarjo, Rabu, 14 Februari 2018.

KPU kemudian berkoordinasi untuk mengakomodasi hak suara pengungsi Syiah. Rencananya, mereka akan dibawa ke Sampang untuk pemilihan suara.

"Mereka (para pengungsi) itu akan difasilitasi oleh KPUD Sampang dengan cara dijemput, kemudian mereka diantar ke Sampang untuk menggunakan hak politik mereka di tanah kelahiran mereka," terangnya. 

Rencananya, lanjut Zaenal, KPU Sampang akan melakukan pencocokan data pengguna hak suara. KPU Sidoarjo akan mendampingi proses pencocokan.