• Card 1 of 30
Nasional

Laman Bawaslu Sulawesi Utara Diretas

Mulyadi Pontororing    •    30 Mei 2017 00:02

Ilustrasi peretas. MTVN/M. Rizal Ilustrasi peretas. MTVN/M. Rizal

medcom.id, Manado: Pembajakan laman pemerintah dan swasta kian marak. Setelah situs resmi Polri yang beralamat dan situs provider Telkomsel, yang sempat menghebohkan Tanah Air, kali ini situs Bawaslu Sulawesi Utara menjadi sasaran para hacker.

Pantauan Mterotvnews.com pada Senin malam 29 Mei 2017, situs yang beralamat di www.bawaslu.sulutprov.go.id itu telah diubah tampilannya dengan latar hitam pada bagian bawah dan abu-abu pada bagian atas.

Hacker juga menambahkan tokoh kartun asal Jepang di bagian atas website.

Di sisi lain, tak ada pesan khusus yang disampaikan hacker, seperti yang terjadi pada situs telkomsel yang diretas beberapa waktu lalu. Pelaku hanya menuliskan bahwa pengamanan web telah diambilalih.

"Hacked by Nyoks. Watch me take control, security does not exist," tulis peretas di laman Bawaslu Sulut.

Peretas juga menyematkan sejumlah nama-nama identitas peretas lain di laman tersebut, yakni zombie_ma, misafir, Cooldsec, LuXaS, FL3ZoX, Nitroz.


Situs Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara diretas. Istimewa

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulut Heryn Malonda, saat dikonfirmasi Senin malam, mengaku telah mengetahui aksi hacker tersebut. Dirinya mengaku masih berkoordinasi dengan penanggungjawab website untuk pemulihan.

"Saya sudah menerima laporannya dan ini sementara diperbaiki. Semoga cepat selesai," kata Malonda saat dihubungi.

Terkait dengan tindakan hukum untuk pelaku peratas, Malonda mengaku masih akan fokus pada pemulihan website terlebih dahulu baru memikirkan langkah selanjutnya.

"Nanti itu akan dikonsultasikan (dilaporkan). Tapi kami fokus dulu pada perbaikan web, mudah-mudahan dalam waktudekat sudah kembali seperti semula," pungkasnya.