• Card 1 of 30
Pilkada

Prabowo Kampanye Akbar di Pilgub Sulsel

Andi Aan Pranata    •    21 Februari 2018 14:33

Usungan Partai Gerindra di Pilgub Sulsel, Agus Arifin Nu'mang dan Tanribali Lamo Usungan Partai Gerindra di Pilgub Sulsel, Agus Arifin Nu'mang dan Tanribali Lamo

Makassar: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dijadwalkan ambil bagian pada kampanye Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan. Di pemilihan kepala daerah ini, Gerindra mengusung pasangan wakil gubernur Sulsel dua periode Agus Arifin Nu'mang dan tokoh militer Tanribali Lamo.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Gerindra Sulsel Idris Manggabarani mengatakan, Prabowo akan turun sebagai juru kampanye pada dua lokasi kampanye akbar. Tim pemenangan Agus-Tanribali masih akan merapatkan soal kepastian lokasi tersebut.

"Kemungkinan kita pilih Kabupaten Gowa. Lalu dipertimbangkan antara Kabupaten Sinjai dan Bone," kata Idris di Makassar, Rabu 21 Februari 2018.

Idris menyatakan keterlibatan Prabowo merupakan bukti keseriusan Gerindra di Pilgub Sulsel. Mengusung Agus-Tanribali, mereka berkoalisi dengan PPP dan PBB.

Rencana kedatangan Prabowo ke Sulsel sebelumnya disampaikan Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon. Selain Sulsel, Prabowo direncanakan turun ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Utara.

"Kita akan mempersiapkan kedatangan Pak Prabowo bersama tim koalisi. Tim ini juga terus berkoordinasi untuk mematangkan strategi," ujar Idris.

Idris mengaku pada pekan pertama kampanye, Agus-Tanribali belum gencar turun ke Makassar. Kampanye hanya dilakukan oleh jajaran relawan, sembari memastikan ketersediaan alat peraga di setiap daerah.

Di lain pihak, pasangan calon gubernur Sulsel Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar juga berencana melibatkan sejumlah tokoh nasional sebagai juru kampanye. Antara lain para ketua lima partai pengusung, yakni Partai Golkar, NasDem, Hanura, PKB, dan PKPI. Nurdin-Aziz berencana menggelar kampanye akbar di dua kota, Makassar dan Palopo.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Kadir Halid mengatakan, setidaknya dua menteri diagendakan datang. Mereka tak lain Menteri Sosial Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Golkar serta Menteri Sosial Idrus Marham, yang pernah menjabat Sekretaris Jenderal.

"Tentu kita minta kesiapan para elite partai. Jadwal dan daftarnya sedang kita atur," kata Kadir.