• Card 1 of 30
Nasional

Pelantikan Kepala Daerah Digelar Tiga Tahap

M Sholahadhin Azhar    •    07 Agustus 2018 15:52

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Adin. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Adin.

Jakarta: Kepala daerah yang terpilih di Pilkada 2018 akan dilantik dalam tiga tahap. Sebab, akhir masa jabatan (AMJ) setiap kepala daerah berbeda-beda. 
 
"Penjadwalannya, terlama itu Lampung dan Jatim tahun depan. Paling tercepat itu mudah-mudahan pertengahan bulan depan. Itu banyak," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Istana Kepresidenan, Selasa, 7 Agustus 2018.
 
Saat ini Tjahjo sedang menyusun agenda pelantikan. Sebab akhir masa jabatan (AMJ) setiap kepala daerah berbeda-beda. Bahkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengemban amanah hingga Februari 2019.

Baca: Mendagri Ungkap Kunci Sukses Pilkada Serentak

Perbedaan ini yang membuat Tjahjo mendesain pelantikan menjadi tiga tahap. Sebab prinsipnya, masa jabatan kepala daerah seperti gubernur, wali kota atau bupati, tidak bisa ditambah atau dikurangi satu hari pun. Hal ini telah diatur oleh undang-undang.
 
Rencananya, minggu depan Tjahjo akan menyampaikan susunan tiga tahap pelantikan ini ke Istana Kepresidenan. "Nanti disesuaikan dengan jadwal Bapak Presiden untuk (pelantikan) gubernur. Kalau bupati/walikota kalau bisa serentak, nanti dilaksanakan setelah gubernur dilantik," katanya.