• Card 19 of 20
Rona

5 Peregangan Kurangi Kram Otot

Sri Yanti Nainggolan    •    14 Februari 2017 12:41

 Membungkuk dan mencoba menggapai ujung kaki akan membuat otot betis dan paha depan mengendur. (Foto: Americanpregnancyassociation) Membungkuk dan mencoba menggapai ujung kaki akan membuat otot betis dan paha depan mengendur. (Foto: Americanpregnancyassociation)

medcom.id, Jakarta: Kram atau kejang otot adalah salah satu hal yang membuat seseorang mengurungkan niatnya untuk berolahraga. 

Namun, hal tersebut tak perlu dijadikan alasan karena beberapa peregangan berikut dapat mengurangi masalah otot tersebut sehingga Anda bisa kembali berolahraga. 



1. Duduk dengan kaki lurus

Posisi duduk dengan kaki yang diluruskan ke arah samping adalah jenis peregangan  yang baik untuk mengendurkan bagian belakang punggung dan paha belakang. Posisi ini tak hanya mengurangi kram otot namun juga menghindari adanya cedera pada bagian paha belakang. 



2. Membungkuk hingga 180 derajat
Berdiri sambil membungkuk hingga bisa melihat lutut sendiri dengan tangan mengarah ke atas, Posisi ini dapat membantu melepaskan ketegangan pada bagian punggug bawah, dada, dan pinggul. Selain itu, posisi ini juga menguntungkan bagian bahu dan lengan karena ikut mengencangkan bagian tersebut. 

(Baca juga: Trik Mencegah Kaki Kram di Malam Hari)



3. Cium lutut
Jenis peregangan ini manjur untuk mengatasi kram otot. Membungkuk dan mencoba menggapai ujung kaki akan membuat otot betis dan paha depan mengendur. 



4. Membungkuk ke depan

Posisi sederhana ini, yaitu duduk dan menempelkan bagian tubuh atas ke lantai membantu meregangkan otot perut dan bagian depan pinggul sehingga menghilangkan gangguan kram perut. 



5. Naikkan kaki ke atas

Sandarkan kaki pada tembok dengan posisi lurus terbalik. Peregangan tersebut dapat membantu mengurangi kejang pada bagian belakang leher, serta mengurangi sakit punggung dan pusing. Posisi ini juga baik untuk menghindari cedera pada otot kaki.