kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 15 November 2018 12:01
  1. Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
  2. Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik
  3. Tak Selalu Buang Waktu, Ini Manfaat Positif Nongkrong Bersama Teman
  4. Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
  5. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  6. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  7. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  8. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  9. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  10. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  11. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  12. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  13. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  14. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  15. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  16. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  17. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  18. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  19. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  20. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  21. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  22. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  23. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  24. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  25. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  26. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  27. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  28. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  29. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  30. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  • Card 13 of 30
Rona

Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?

Rosa Anggreati    •    28 September 2018 07:00

(Foto:Shutterstock) (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Apakah Anda sering merasa lelah, walau sudah cukup tidur pada malam hari? Kelelahan kerap dialami orang dewasa karena berbagai sebab.

Sharon Palmer, ahli diet dan blogger yang terdaftar di The Diet-Powered Dietitian, mengatakan salah satu penyebab rasa lelah akibat pola makan yang salah. 

1. Kurang Karbohidrat 

Jika Anda sedang menjalani diet dengan meniadakan karbohidrat pada menu makan harian, coba pertimbangkan lagi. Sebab, kekurangan karbohidrat akan membuat Anda kurang bersemangat dan kehilangan fokus. 

Menurut Palmer, bila tubuh tidak mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, akan membuat Anda merasa lesu. Tetapi yang mesti Anda makan bukan sembarang karbohidrat, melainkan karbohidrat yang sehat seperti kacang-kacangan, havermut, quinoa, kentang manis, ubi, pisang, dan buah berry. Sebaliknya, roti putih, kue, dan pasta, merupakan sumber karbohidrat yang kurang serat dan nutrisi penting lain.

2. Terlalu Banyak Kafein 

Kopi telah terbukti menyehatkan. Namun, bukan berarti Anda bisa meminumnya sesuka hati. Menurut Mayo Clinic, 400 miligram kafein per hari masih aman dikonsumsi atau setara dengan empat cangkir kopi. Jika Anda mengalami stres, kecemasan, gugup, lekas marah, atau penurunan energi, itu merupakan tanda-tanda kelebihan konsumsi kafein. 

3. Sarapan Tanpa Protein Cukup

Untuk memulai hari, Anda dianjurkan mengonsumsi sarapan seimbang. Pastikan sarapan Anda mengandung makronutrien (zat gizi makro), yaitu kombinasi antara lemak, karbohidrat, dan protein. Zat gizi ini menyumbangkan energi bagi tubuh.

Alih-alih semangkuk sereal yang tinggi karbohidrat olahan dan rendah protein, cobalah sarapan telur, pancake kaya protein dengan buah, atau yoghurt dengan granola. Bisa juga makan bubur oatmeal sebagai pengganti sereal, atau roti gandum utuh bukan roti putih. 

4. Kurang Cairan

Dehidrasi bisa menjadi penyebab kelelahan pada siang hari atau sakit kepala ringan. Mayo Clinic merekomendasikan sekitar 11,5 cangkir cairan per hari untuk wanita, dan 15,5 cangkir sehari untuk pria. Cairan tidak harus dalam bentuk air minum, meskipun air adalah pilihan yang sehat. Cairan bisa juga didapatkan dari makanan, sayur, dan buah.

5. Jeda antara Jam Makan 

Jika Anda mengantuk setelah makan pagi dan sebelum makan siang, atau selama perjalanan pulang ke rumah sebelum makan malam, Anda mungkin membutuhkan camilan ringan untuk mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh. Pilih makanan ringan dengan campuran karbohidrat sehat, protein, dan lemak. 

6. Makan Siang Berlebihan

Makan siang dengan porsi berlebihan akan membuat Anda mengantuk sehingga mengurangi produktivitas. Atur kembali porsi makan siang Anda. Akan lebih baik untuk makan dalam porsi kecil dengan beberapa makanan ringan di antaranya. 

Patut diingat, apa yang Anda makan dan minum akan memainkan peranan besar dalam seberapa banyak energi yang Anda miliki sepanjang hari. Tentu saja, penting juga untuk cukup tidur, olahraga, mengurangi stres, dan memenuhi kebutuhan tubuh akan serat. Salah satu cara agar tubuh mendapatkan asupan serat yaitu dengan minum Entrasol. Hi-Fiber (serat tinggi) di dalam Entrasol membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Entrasol juga mengandung Omega 3 dan 6 dalam jumlah seimbang yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, P-Bone (High Calcium, High Vit D dan Magnesium) kombinasi sinergis vitamin dan mineral untuk menjaga kepadatan tulang, kandungan 10 vitamin dan 7 mineral, serta Hytolive (ekstrak buah zaitun) untuk memperlambat proses penuaan dini dengan melindungi sel-sel dari oksidasi berlebih dan membantu menjaga kesehatan kulit. Zaitun pun bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas  dan mencegah penyakit jantung koroner, serta anti-inflmasi yang dapat membantu mengatasi nyeri pada radang sendi atau arthritis. 

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 15 November 2018 12:01
  1. Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
  2. Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik
  3. Tak Selalu Buang Waktu, Ini Manfaat Positif Nongkrong Bersama Teman
  4. Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
  5. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  6. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  7. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  8. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  9. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  10. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  11. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  12. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  13. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  14. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  15. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  16. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  17. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  18. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  19. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  20. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  21. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  22. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  23. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  24. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  25. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  26. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  27. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  28. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  29. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  30. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun