kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 19 September 2018 07:00
  1. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  2. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  3. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  4. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  5. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  6. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  7. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  8. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  9. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  10. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  11. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  12. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  13. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  14. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  15. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  16. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  17. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  18. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  19. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  20. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  21. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  22. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  23. Diet Mediterania untuk Penyandang Diabetes
  24. 8 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
  25. Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
  26. Mempersiapkan Kehamilan setelah Berbulan Madu
  27. Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa?
  28. Jaga Stamina saat Puasa dengan Makan 5 Buah Ini
  29. Ingin Segera Hamil, Meghan Markle Minta Harry Lakukan 2 Hal
  30. Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan
  • Card 1 of 30
Rona

5 Nutrisi yang Harus Dipenuhi untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan

Pelangi Karismakristi    •    05 September 2017 07:00

Produk susu sangat penting untuk mempersiapkan kehamilan, karena di dalamnya mengandung kalsium dan protein (Foto:Shutterstock) Produk susu sangat penting untuk mempersiapkan kehamilan, karena di dalamnya mengandung kalsium dan protein (Foto:Shutterstock)

medcom.id, Jakarta: Apakah Anda tengah merencanakan memiliki buah hati? Jika ya, Anda dan pasangan perlu mempersiapkannya dengan baik.

Penulis buku The Belly Fat Diet for Dummies, Erin Palinski Wade mengatakan, jika seorang wanita sudah siap hamil, maka ia perlu memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan tubuh dalam menyongsong kehamilan.

Di bawah ini, lima nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi calon ibu untuk meningkatkan peluang kehamilan.

1. Asam Folat

Erin Palinski Wade mengatakan, bila berencana hamil, Anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang kaya asam folat. "Anda bisa mengonsumsi suplemen, vitamin prenatal, dan meningkatkan makanan yang mengandung banyak asam folat," kata Palinski. Makanan kaya asam folat antara lain biji-bijian, sereal, sayuran, dan buah sitrus. Anda harus mengonsumsi asam folat sekitar 400-600 mg sebelum masa kehamilan, dan 800 mg saat hamil. Ini diperlukan guna meningkatkan kesehatan dan meminimalisir risiko cacat lahir pada bayi.

2. Protein

Sebuah studi yang dilakukan pada pasangan yang mengalami masalah dengan kesuburan, ditemukan fakta bahwa mengonsumsi lebih banyak protein dan rendah karbohidrat akan membantu meningkatkan angka kehamilan. Mengonsumsi 25 persen atau lebih protein dan kurang dari 40 persen dapat meningkatkan kualitas telur pada pasien IVF, dibandingkan dengan yang mengonsumsi rendah protein maupun karbohidrat.

"Protein sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Telur dan terutama putih telur, adalah sumber yang baik. Atau daging putih pada unggas dan ikan yang kaya asam lemak omega 3, seperti salmon," ujar Palinski.

Apabila Anda seorang vegetarian, dapat mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang polong adalah sumber protein yang juga kaya zat besi dan nutrisi penting lainnya. "Atau Anda juga bisa mengonsumsi kedelai, dianjurkan agar makan produk kedelai utuh," kata Palinski.

3. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Tak hanya itu, makanan yang mengandung asam lemak omega-3 ini juga baik dikonsumsi oleh Anda yang merencanakan kehamilan karena berfungsi menjaga hormon, sehingga bisa meningkatkan peluang kehamilan. Pastikan Anda makan ikan setiap pekan, atau biji chia dan biji rami.

Anda dianjurkan mengonsumsi seribu hingga 2 ribu mg asam lemak omega-3 per hari, yakni 2-3 ons ikan, 2 sendok makan kenari, atau 2 sendok makan biji rami atau biji chia. Biji rami dan chia enak dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam smoothies, yoghurt, salad, atau sereal.

4. Buah dan Sayur

Bila Anda tidak menyukai keduanya, campurkan pada olahan makanan dan snack yang Anda makan. Buah dan sayur membantu tubuh dalam mempersiapkan kehamilan. Buah dan sayur menyediakan banyak sekali nutrisi, juga antioksidan dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Ada baiknya jika mulai kini Anda tinggalkan junk food, dan makanan olahan lainnya. Sebab, junk food tidak mengandung nutrisi, justru akan meningkatkan kadar gula darah dan lemak trans yang tak baik bagi kesehatan.

5. Susu

Produk susu sangat penting untuk mempersiapkan kehamilan, karena di dalamnya mengandung kalsium dan protein.

Agar lebih optimal dalam mempersiapkan kehamilan, ada satu produk susu yang banyak direkomendasikan, yakni PRENAGEN esensis, nutrisi rendah lemak yang diformulasikan khusus untuk mempersiapkan kehamilan, dengan kandungan zinc untuk membantu menjaga kesehatan reproduksi, tinggi asam folat untuk membantu mencegah cacat tabung syaraf otak, kalsium, magnesium, fosfor & vitamin D untuk menjaga kepadatan tulang, juga zat besi yang sudah dimikroenkapsulasi untuk mencegah anemia. PRENAGEN esensis tersedia dalam tiga pilihan rasa yang dapat Anda pilih sesuai selera, yaitu coklat, vanila, dan moka.


 

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 19 September 2018 07:00
  1. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  2. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  3. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  4. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  5. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  6. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  7. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  8. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  9. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  10. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  11. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  12. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  13. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  14. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  15. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  16. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  17. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  18. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  19. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  20. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  21. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  22. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  23. Diet Mediterania untuk Penyandang Diabetes
  24. 8 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
  25. Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
  26. Mempersiapkan Kehamilan setelah Berbulan Madu
  27. Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa?
  28. Jaga Stamina saat Puasa dengan Makan 5 Buah Ini
  29. Ingin Segera Hamil, Meghan Markle Minta Harry Lakukan 2 Hal
  30. Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan