kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 13 November 2018 08:01
  1. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  2. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  3. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  4. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  5. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  6. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  7. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  8. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  9. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  10. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  11. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  12. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  13. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  14. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  15. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  16. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  17. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  18. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  19. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  20. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  21. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  22. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  23. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  24. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  25. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  26. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  27. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  28. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  29. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  30. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  • Card 1 of 30
Rona

Kadar Kolesterol Anda Tinggi? Ini Cara Menguranginya

Pelangi Karismakristi    •    04 Mei 2018 07:09

Kolesterol tinggi masih bisa dikurangi dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat (Foto:Shutterstock) Kolesterol tinggi masih bisa dikurangi dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan risiko penyakit berbahaya, seperti jantung dan stroke. Bagi Anda yang mengidap kolesterol tinggi, masih bisa menguranginya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Perlu Anda ketahui bahwa kolesterol tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol ini berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti stroke dan penyakit jantung. Kedua, kolesterol HDL. Jenis ini merupakan kolesterol yang dapat mengangkut kolesterol keluar dari pembuluh darah menuju ke hati. Batas normal kolesterol total dalam tubuh adalah di bawah 200 mg/dl.

Ada enam cara menjalani hidup lebih sehat untuk memerangi kolesterol jahat. Apa saja? 

1. Konsumsi makanan sehat 

Mayoclinic.org menyarankan Anda agar mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Antara lain potongan daging tanpa lemak, susu rendah lemak, dan makanan dengan lemak tak jenuh tunggal yang bisa ditemukan dalam minyak zaitun dan minyak kanola. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga bermanfaat bagi jantung. Anda bisa mendapatkannya dari ikan salmon, mackerel, walnut, almond, dan biji rami. Anda juga mesti makan serat larut yang terdapat pada buah, sayur, kacang-kacangan, dan lentil. 

2. Olahraga rutin 

Lakukan olahraga 30 menit per hari. Tak perlu olahraga berat jika Anda nyaris tak punya waktu. Cukup dengan jalan cepat, bersepeda, jogging, berenang, atau datang ke pusat kebugaran. Jika Anda tak sempat olahraga di luar rumah, bisa juga melakukannya di dalam rumah. Misalnya, sit up, push up, atau gerakan lainnya. 

3. Berhenti merokok dan minum alkohol 

Merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sebab, kandungan zat kimia yang terdapat di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol baik, dan memengaruhi lapisan pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah, serta meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Begitu juga minum alkohol berlebih dapat memicu penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung dan stroke. 

4. Jaga berat badan normal 

Berat badan ideal sangat baik bagi kesehatan. Lemak berlebih akan menyebabkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah, dan penyumbatan arteri yang akan mengganggu kinerja jantung. Mulai sekarang, konsumsi makanan sehat, kurangi camilan berkalori tinggi, dan rutinlah berolahraga. 

5. Makan oatmeal 

Oatmeal dapat menghambat penyerapan LDL atau kolesterol jahat. Mengonsumsi serat minimal 6 gram (sekitar 1,5 cangkir) atau lebih setiap hari, bisa mengurangi LDL dan kolesterol total di dalam tubuh. 

6. Minum suplemen

Selain itu, Anda perlu memeriksa kadar kolesterol secara berkala dan mengelola stres dengan baik. Perubahan gaya hidup saja tidak cukup untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Anda memerlukan asupan yang menunjang proses menurunkan kolesterol. Kini ada Nutrive Benecol yang membantu menurunkan kolesterol tujuh sampai sepuluh persen dalam dua hingga tiga pekan. Nutrive Benecol juga dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 15 persen, sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung maupun stroke. 

Ayo, minum dua sajian Nutrive Benecol setiap hari setelah makan. Ada berbagai varian rasa buah yang enak dan menyegarkan yang bisa Anda pilih, yakni blackcurrant, strawberry, orange dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan varian rasa yang lezat, yakni Vanilla Veggie Mix dan Chocolate. Nutrive Benecol Cereal yang praktis ini setara dengan kandungan serat dalam enam mangkuk oat. Tak usah ragu karena Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol.

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 13 November 2018 08:01
  1. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  2. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  3. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  4. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  5. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  6. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  7. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  8. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  9. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  10. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  11. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  12. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  13. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  14. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  15. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  16. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  17. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  18. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  19. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  20. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  21. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  22. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  23. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  24. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  25. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  26. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  27. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  28. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  29. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  30. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh