kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 19 September 2018 07:00
  1. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  2. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  3. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  4. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  5. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  6. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  7. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  8. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  9. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  10. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  11. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  12. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  13. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  14. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  15. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  16. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  17. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  18. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  19. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  20. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  21. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  22. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  23. Diet Mediterania untuk Penyandang Diabetes
  24. 8 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
  25. Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
  26. Mempersiapkan Kehamilan setelah Berbulan Madu
  27. Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa?
  28. Jaga Stamina saat Puasa dengan Makan 5 Buah Ini
  29. Ingin Segera Hamil, Meghan Markle Minta Harry Lakukan 2 Hal
  30. Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan
  • Card 1 of 30
Rona

Selain Menyegarkan, Ini 8 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan

Gervin Nathaniel Purba    •    21 Agustus 2017 10:10

Ilustrasi. sumber: Shutterstock Ilustrasi. sumber: Shutterstock

medcom.id, Jakarta: Air kelapa menjadi minuman favorit sebagian orang karena rasanya yang enak dan segar. Ternyata, selain rasanya yang enak, air kelapa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.
 
Air kelapa mengandung nutrisi penting dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Apa saja?
 
1. Sumber Nutrisi yang Baik
 
Dikutip Healthline, air kelapa diproduksi secara alami di dalam buahnya. Mengandung 94 persen air dan sedikit lemak. Secangkir air kelapa (240 gram) mengandung sekitar 46 kalori. Selain itu, secangkir air kelapa juga mengandung 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein, 10 persen vitamin C dari asupan harian yang direkomendasikan, 15 persen magnesium dari asupan harian yang direkomendasikan, 17 persen kalium dari asupan harian yang direkomendasikan, 11 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, dan 6 persen kalium dari asupan harian yang direkomendasikan.
 
2. Mengandung Unsur Antioksidan
 
Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang diproduksi di sel tubuh selama proses metabolisme. Produksi radikal bebas akan meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera. Bila ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh dikatakan berada dalam keadaan stres oksidatif yang bisa merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit.
 
Penelitian tentang hewan yang terpapar toksin telah menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan, memodifikasi radikal bebas sehingga tidak menimbulkan bahaya. Satu studi menemukan bahwa tikus dengan kerusakan hati memperlihatkan peningkatan signifikan pada stres oksidatif saat mereka diobati dengan air kelapa, dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapat pengobatan. Namun sejauh ini belum ada percobaan pada manusia.
 
3. Mampu Menangkal Diabetes
 
Dalam sebuah penelitian, tikus dengan diabetes yang diobati menggunakan air kelapa mampu mempertahankan kadar gula darah lebih baik dibandingkan tikus diabetes lainnya. Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus memiliki tingkat hemoglobin A1c yang lebih rendah, ukuran kontrol gula darah jangka panjang.
 
Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia. Meski begitu, dengan tiga gram serat dan kandungan karbohidrat yang bisa dicerna hanya enam gram per cangkir, air kelapa mudah masuk ke dalam rencana makanan penderita diabetes.
 
Selain itu, air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan pradiabetes.
 
4. Dapat Membantu Mencegah Batu Ginjal
 
Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air biasa merupakan pilihan yang tepat, namun satu studi menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik lagi.
 
Dalam sebuah studi pada tikus penderita batu ginjal, air kelapa ditemukan untuk menjaga agar kristal tetap menempel pada ginjal dan bagian lain agar tidak mengganggu saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.
 
5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
 
Minum air kelapa bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengkonsumsi air kelapa memiliki reduksi kolestrol darah dan trigliserida. Mereka juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.
 
6. Bisa Mengurangi Tekanan Darah
 
Satu studi kecil pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi air kelapa menunjukkan adanya perbaikan sebanyak 71 persen pada tekanan darah sistolik. Ini merupakan jumlah yang tertinggi.
 
7. Bermanfaat setelah Olahraga Berkepanjangan
 
Dua penelitian menemukan bahwa air kelapa mengembalikan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air dan minuman olahraga elektrolit tinggi.
 
8. Sumber Hidrasi yang Lezat
 
Air kelapa mengandung air yang sangat segar. Cukup tekan sedotan ke bagian lembut kelapa hijau dan mulailah minum. Anda bisa menyimpannya di kulkas dan dikonsumsi dalam waktu dua sampai tiga minggu setelah membuka kelapa.

Klik: 3 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Kini air kelapa bisa ditemukan dalam bentuk kemasan di toko-toko dan minimarket. Supaya yakin, baca dulu bagian bahan kandungannya dan pastikan 100 persen Anda mendapatkan air kelapa murni yang tidak menggunakan pengawet seperti halnya Hydro Coco.

Hydro Coco terbuat dari 100 persen air kelapa asli karena diambil dari perkebunan kelapa terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Hydro Coco merupakan minuman air kelapa dalam kemasan pertama di Indonesia yang dikemas dengan kemasan tetraprisma aseptic berukuran 250ml dan 500ml.

Hydro Coco diproduksi menggunakan teknologi UHT dan Aseptic sehingga tidak memerlukan bahan pengawet, pewarna buatan, serta pemanis buatan, sehingga kualitas air kelapa, nutrisi dan mineral di dalamnya tetap utuh & terjaga. Hydro Coco sangat aman diminum setiap hari.

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 19 September 2018 07:00
  1. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  2. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  3. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  4. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  5. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  6. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  7. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  8. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  9. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  10. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  11. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  12. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  13. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  14. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  15. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  16. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  17. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  18. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  19. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  20. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  21. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  22. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  23. Diet Mediterania untuk Penyandang Diabetes
  24. 8 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
  25. Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
  26. Mempersiapkan Kehamilan setelah Berbulan Madu
  27. Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa?
  28. Jaga Stamina saat Puasa dengan Makan 5 Buah Ini
  29. Ingin Segera Hamil, Meghan Markle Minta Harry Lakukan 2 Hal
  30. Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan