kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 13 Desember 2018 15:31
  1. Tips Menikmati Liburan Tanpa Takut Kadar Gula Naik
  2. Tujuh Cara Mudah Redakan Stres
  3. Tujuh Camilan Tengah Malam yang Tak Bikin Gemuk
  4. Bagaimana Stres dapat Memengaruhi Kadar Kolesterol?
  5. Sering Lapar Tengah Malam? Ini Dia Penyebabnya
  6. Makanan yang Enak Buat Ngemil dan Tak Bikin Gemuk
  7. Manfaat Tak Terduga Kedelai dalam Menurunkan Kolesterol Jahat
  8. Jangan Takut Mengemil, Ini 4 Manfaatnya bagi Kesehatan
  9. Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
  10. Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik
  11. Tak Selalu Buang Waktu, Ini Manfaat Positif Nongkrong Bersama Teman
  12. Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
  13. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  14. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  15. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  16. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  17. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  18. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  19. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  20. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  21. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  22. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  23. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  24. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  25. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  26. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  27. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  28. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  29. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  30. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  • Card 1 of 30
Rona

Selain Menyegarkan, Ini 8 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan

Gervin Nathaniel Purba    •    21 Agustus 2017 10:10

Ilustrasi. sumber: Shutterstock Ilustrasi. sumber: Shutterstock

medcom.id, Jakarta: Air kelapa menjadi minuman favorit sebagian orang karena rasanya yang enak dan segar. Ternyata, selain rasanya yang enak, air kelapa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.
 
Air kelapa mengandung nutrisi penting dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Apa saja?
 
1. Sumber Nutrisi yang Baik
 
Dikutip Healthline, air kelapa diproduksi secara alami di dalam buahnya. Mengandung 94 persen air dan sedikit lemak. Secangkir air kelapa (240 gram) mengandung sekitar 46 kalori. Selain itu, secangkir air kelapa juga mengandung 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein, 10 persen vitamin C dari asupan harian yang direkomendasikan, 15 persen magnesium dari asupan harian yang direkomendasikan, 17 persen kalium dari asupan harian yang direkomendasikan, 11 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, dan 6 persen kalium dari asupan harian yang direkomendasikan.
 
2. Mengandung Unsur Antioksidan
 
Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang diproduksi di sel tubuh selama proses metabolisme. Produksi radikal bebas akan meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera. Bila ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh dikatakan berada dalam keadaan stres oksidatif yang bisa merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit.
 
Penelitian tentang hewan yang terpapar toksin telah menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan, memodifikasi radikal bebas sehingga tidak menimbulkan bahaya. Satu studi menemukan bahwa tikus dengan kerusakan hati memperlihatkan peningkatan signifikan pada stres oksidatif saat mereka diobati dengan air kelapa, dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapat pengobatan. Namun sejauh ini belum ada percobaan pada manusia.
 
3. Mampu Menangkal Diabetes
 
Dalam sebuah penelitian, tikus dengan diabetes yang diobati menggunakan air kelapa mampu mempertahankan kadar gula darah lebih baik dibandingkan tikus diabetes lainnya. Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus memiliki tingkat hemoglobin A1c yang lebih rendah, ukuran kontrol gula darah jangka panjang.
 
Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia. Meski begitu, dengan tiga gram serat dan kandungan karbohidrat yang bisa dicerna hanya enam gram per cangkir, air kelapa mudah masuk ke dalam rencana makanan penderita diabetes.
 
Selain itu, air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan pradiabetes.
 
4. Dapat Membantu Mencegah Batu Ginjal
 
Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air biasa merupakan pilihan yang tepat, namun satu studi menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik lagi.
 
Dalam sebuah studi pada tikus penderita batu ginjal, air kelapa ditemukan untuk menjaga agar kristal tetap menempel pada ginjal dan bagian lain agar tidak mengganggu saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.
 
5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
 
Minum air kelapa bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengkonsumsi air kelapa memiliki reduksi kolestrol darah dan trigliserida. Mereka juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.
 
6. Bisa Mengurangi Tekanan Darah
 
Satu studi kecil pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi air kelapa menunjukkan adanya perbaikan sebanyak 71 persen pada tekanan darah sistolik. Ini merupakan jumlah yang tertinggi.
 
7. Bermanfaat setelah Olahraga Berkepanjangan
 
Dua penelitian menemukan bahwa air kelapa mengembalikan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air dan minuman olahraga elektrolit tinggi.
 
8. Sumber Hidrasi yang Lezat
 
Air kelapa mengandung air yang sangat segar. Cukup tekan sedotan ke bagian lembut kelapa hijau dan mulailah minum. Anda bisa menyimpannya di kulkas dan dikonsumsi dalam waktu dua sampai tiga minggu setelah membuka kelapa.

Klik: 3 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Kini air kelapa bisa ditemukan dalam bentuk kemasan di toko-toko dan minimarket. Supaya yakin, baca dulu bagian bahan kandungannya dan pastikan 100 persen Anda mendapatkan air kelapa murni yang tidak menggunakan pengawet seperti halnya Hydro Coco.

Hydro Coco terbuat dari 100 persen air kelapa asli karena diambil dari perkebunan kelapa terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Hydro Coco merupakan minuman air kelapa dalam kemasan pertama di Indonesia yang dikemas dengan kemasan tetraprisma aseptic berukuran 250ml dan 500ml.

Hydro Coco diproduksi menggunakan teknologi UHT dan Aseptic sehingga tidak memerlukan bahan pengawet, pewarna buatan, serta pemanis buatan, sehingga kualitas air kelapa, nutrisi dan mineral di dalamnya tetap utuh & terjaga. Hydro Coco sangat aman diminum setiap hari.

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 13 Desember 2018 15:31
  1. Tips Menikmati Liburan Tanpa Takut Kadar Gula Naik
  2. Tujuh Cara Mudah Redakan Stres
  3. Tujuh Camilan Tengah Malam yang Tak Bikin Gemuk
  4. Bagaimana Stres dapat Memengaruhi Kadar Kolesterol?
  5. Sering Lapar Tengah Malam? Ini Dia Penyebabnya
  6. Makanan yang Enak Buat Ngemil dan Tak Bikin Gemuk
  7. Manfaat Tak Terduga Kedelai dalam Menurunkan Kolesterol Jahat
  8. Jangan Takut Mengemil, Ini 4 Manfaatnya bagi Kesehatan
  9. Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
  10. Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik
  11. Tak Selalu Buang Waktu, Ini Manfaat Positif Nongkrong Bersama Teman
  12. Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
  13. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  14. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  15. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  16. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  17. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  18. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  19. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  20. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  21. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  22. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  23. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  24. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  25. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  26. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  27. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  28. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  29. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  30. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini