kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 13 November 2018 08:01
  1. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  2. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  3. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  4. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  5. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  6. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  7. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  8. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  9. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  10. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  11. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  12. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  13. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  14. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  15. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  16. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  17. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  18. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  19. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  20. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  21. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  22. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  23. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  24. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  25. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  26. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  27. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  28. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  29. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  30. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  • Card 1 of 30
Rona

5 Makanan untuk Mencegah Penyakit Maag

Pelangi Karismakristi    •    06 April 2018 07:15

Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock

Jakarta: Penyakit maag seringkali mengganggu aktivitas penderitanya. Untuk mencegah, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tidak makin memperburuk rasa sakit. 

Penyebab sakit maag seringkali dikaitkan dengan infeksi bakteri helocobacter pylori (H.pylori). Sakit maag juga bisa dipicu penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid non-aktif, seperti aspirin, dan ibuprofen.  

Ada lima makanan yang dapat mengurangi rasa sakit akibat maag, sebagaimana dilansir Readersdigest.ca.

1. Madu

Madu dipercaya dapat mengendalikan rasa sakit maag karena bersifat melawan bakteri. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian di Selandia Baru yang menguji madu terbuat dari nektar bunga manuka pada bakteri penyebab penyakit maag, dan hasilnya memperlihatkan bahwa madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri. 

Para peneliti juga menyarankan bagi Anda yang memiliki sakit maag agar minum madu pada pagi dan malam hari untuk meredakan nyeri perut. Selain diminum langsung, Anda juga bisa mencampur madu dengan roti bakar, biskuit, sereal, atau lainnya. 

2. Sayur 

Brokoli, kubis Brussel, kembang kol, dan kangkung adalah makanan yang direkomendasikan untuk meredakan maag. Sayuran tersebut mengandung kalsium, dan sulforaphane, yakni senyawa yang bisa membunuh bakteri H.pylori. Dalam sebuah penelitian, setelah pasien positif terkena maag, ia dianjurkan memakan brokoli dua kali sehari selama tujuh hari. Hasilnya 78 persen negatif bakteri H.pylori.  

Anda juga bisa meniru cara ini dengan makan brokoli kira-kira secangkir setiap hari. Tak hanya dapat menghilangkan sakit maag, brokoli juga kaya akan vitamin dan serat.

3. Pisang

Pisang membantu menenangkan selaput lendir yang meradang dan teriritasi, serta mengandung sifat anti bakteri. Pisang raja hijau dapat mencegah timbulnya penyakit maag dan membantu proses penyembuhan. Makan pisang raja hijau dengan cara direbus. Hindari menggorengnya karena kandungan lemak di dalam minyak dapat memperparah maag.

4. Makanan tinggi serat

Selain menjaga kesehatan, makanan tinggi serat berperan dalam menghalau penyakit maag, terutama di duodenum (usus dua belas jari). Sejumlah penelitian menemukan bahwa orang yang makan makanan mengandung serat tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena maag. Peneliti dari Physicians Health Study from Harvard mengamati sebanyak 47.806 pria. Mereka yang makan 11 gram atau lebih serat dari sayuran memiliki risiko 32 persen lebih rendah mengalami sakit maag.

Para ilmuwan mengatakan bahwa serat dapat memperlambat pengosongan lambung, dan dengan demikian mengurangi jumlah waktu lapisan lambung dan usus dua belas jari terkena asam pencernaan. Serat larut bisa ditemukan pada gandum, kacang, kacang polong, dan buah pir. Disarankan Anda makan 25 sampai 35 gram serat sehari.

5. Yoghurt

Yoghurt dan kefir (susu fermentasi) mengandung bakteri baik yang bisa menghambat pertumbuhan H.pylori, dan membantu menyembuhkan maag dengan cepat. 

Dalam sebuah penelitian di Swedia, orang-orang yang mengonsumsi produk susu fermentasi seperti yoghurt tiga kali seminggu cenderung terhindar dari maag dibandingkan yang tidak pernah mengonsumsinya. Guna mencegah maag, konsumsi secangkir yoghurt, kefir, atau produk fermentasi lainnya setiap hari. Hindari yang mengandung pemanis, karena tidak akan terlalu efektif.

Bagi penderita penyakit maag, perlu dicatat juga beberapa makanan atau minuman yang perlu dihindari, antara lain kopi, cokelat, makanan pedas, alkohol, makanan asam, kafein, makan berlebihan dalam waktu 2-3 jam sebelum tidur, karena akan memperburuk gejala sakit maag.

Anda tak perlu khawatir bila maag sedang kambuh, karena bisa diatasi dengan Promag. Sebab tak bisa dipungkiri bahwa penyakit maag cepat pergi dan cepat kembali. 

Promag tablet telah terpercaya lebih dari 45 tahun dan halal, tersedia dalam beberapa sediaan Promag Cair dan Promag Fruity yang mengatasi sakit maag akut. Dan Promag Double Action yang berfungsi menetralisir dan menekan asam lambung, mengatasi sakit maag kronik, dan mengurangi gejala GERD atau kondisi asam lambung naik ke kerongkongan.

Promag ahlinya lambung dengan hydrotalcite bekerja cepat atasi maag dan melindungi lebih lama. Hydrotalcite akan membantu membentuk lapisan dinding lambung, sehingga mampu mengurangi nyeri karena iritasi asam lambung. 

Dianjurkan mengonsumsi Promag sebelum makan, sehingga lambung sudah dalam kondisi baik untuk menerima makanan. Promag dapat diminum segera saat timbul gejala.

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 13 November 2018 08:01
  1. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  2. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  3. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  4. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  5. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  6. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  7. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  8. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  9. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  10. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  11. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  12. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  13. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  14. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  15. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  16. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  17. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  18. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  19. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  20. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  21. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  22. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  23. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  24. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  25. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  26. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  27. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  28. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  29. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  30. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh